Antarajabar.com - Ketua Umum DPP Partai Keadilan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mendorong pemerintah untuk merevitalisasi pasar tradisional agar keberadaannya tidak tergeser oleh pasar modern yang menjamur di berbagai tempat.
           
"Kita harus melakukan revitalisasi dan menjaga dari gempuran ritel modern, sehingga kita harus membuat aturan," ujar Muhaimin saat meninjau Pasar Cimindi, Kota Cimahi, Kamis.
          
Menurutnya, saat ini keberadaan pasar tradisional semakin terjepit dengan hadirnya berbagai ritel modern di berbagai wilayah. Hal ini membuat para pedagang di pasar yang mayoritas pelaku usaha kecil, menjerit.
          
"Untuk mulai memoratorium ritel modern karena sistem ekonomi terganggu. Pengusaha, pedagang mengalami kesulitan gara-gara ritel modern," ujarnya.
          
Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan, pasar tradisional memiliki ciri khas yang tidak ditemukan di pasar-pasar modern.  Seperti solidaritas antar pedagang serta silaturahmi antara penjual dan pembeli
    
"Karena pasar tradisional ini dua kelebihannya, pertama keguyuban dan usaha kecil yang harus di bantu, yang kedua harga terjangkau bagi masyarakat," kata dia.
         
Untuk menjaga eksistensinya, ia akan mendorong pemerintah pusat agar lebih fokus memperhatikan serta merevitalisasi pasar-pasar tradisional sehingga mampu bersaing dengan ritel-ritel modern.
         
"Salah satunya revitalisasi pasar, supaya Pak Presiden betul-betul memperhatikan pasar tradisional, dan memberikan perhatian luas kepada pasar kita," katanya.

Pewarta: Asep F

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017