Antarajabar.com - Ketersediaan komoditas pangan strategis seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur, ikan, dan beberapa sayuran di sejumlah pasar Kota Bandung dalam kondisi aman jelang memasuki bulan Ramadhan.

"Jadi kami sudah pantau ke beberapa pasar tradisional, termasuk beras, 15 hari menjelang bulan ramadhan dalam kondisi aman tersedia di Kota Bandung," ujar Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasliah di Balai Kota Bandung, Selasa.

Elly menuturkan, selain ketersediaan stok, harga beberapa komoditas tersebut dalam kondisi relatif stabil, meski beberapa bahan pokok seperti bawang putih dan telur ayam mengalami kenaikan.

"Tapi dipandang oleh kami relatif stabil," katanya.

Dia merinci untuk daging sapi kini berada dikisaran Rp.120 ribu perkilo, sedangkan daging ayam rata-rata dijual Rp.32 ribu perkilo, untuk telur ayam rata-rata berada dikisaran Rp 20.700 dan tertinggi Rp 21.063. Sementara untuk komoditi perikanan dan sayur-sayuran dalam kondisi stabil.

"Ini kenapa kita menyampaikan mengapa stok aman, karena apabila ada suplai berkurang demand meningkat otomatis harga akan mengalami kenaikan," kata dia.

Dia mengatakan, jika harga komoditas pangan strategis tersebut mengalami kenaikan di atas 15 hingga 20 persen dari harga rata-rata saat ini, maka pihanya akan melakukan operasi pasar murah (OPM) dengan menggandeng sejumlah instansi terkait untuk menstabilkan harga.

"Tapi mudah-mudahan kami sudah mengimbau bahwa untuk Kota Bandung, komoditas pangan strategis ini mudah-mudahan tidak ada kenaikan harga yang tidak wajar," kata dia.

Pewarta: Asep F

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017