Antarajabar.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau bank bjb melanjutkan kerjasama fasilitas kredit pembiayaandengan PT Andalan Finance Indonesia (AFI)  untuk ketiga kalinya senilai Rp200 miliar.
        
Direktur Komersial bank bjb Suartini, dalam keterangan persnya, Rabu, mengatakan kerjasama antara bank bjb dan AFI ini merupakan perjanjian ketiga dalam bentuk kredit modal kerja pada lembaga pembiayaan.
        
"Dengan adanya penambahan fasilitas kredit ini, total pinjaman yang telah diterima AFI dari bank bjb sebesar Rp350 miliar," kata dia.
        
Selain perjanjian bilateral, kata Suartini, bank bjb juga turut berpartisipasi dalam perjanjian kredit sindikasi dengan AFI sebesarRp 260 miliar,sehingga total pendanaan dari bank bjb kepada AFI sebesar Rp 610 miliar.
        
Ia mengatakan Andalan Finance Indonesia merupakan nasabahpotensial bank bjb baik untuk produk funding maupun landing.
        
"Strategi ke depan, kita akan mengembangkan dan menumbuhkan kerjasama baik secara bilateral maupun sindikasi," katanya.
        
AFI rencananya akan menggunakan fasilitas pendanaan dari bank bjb untuk mendukung target penyaluran pembiayaan pada 2017, yang diproyeksikan akan tumbuh sebesar 11 persen dibandingkan dengan perolehan tahun lalu.
        
"Hingga Maret 2017, AFI telah menyalurkan pembiayaan baru sebesar Rp692 miliar atau meningkat sebesar 85 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu," katanya.
        
Komposisi pembiayaan mobil bekas masih mendominasi, yakni sebesar 80 persen, sedangkan sisanya sebesar 20 persen merupakan pembiayaan mobil baru.
        
Ia mengatakan bank bjb terus memperkuat posisi sebagai lembaga intermediasi yang ditunjukan dengan keberhasilan perseroan mencatatkan pertumbuhan kredit mencapai 14,2 persen secara year on year(yoy).
        
Dari sisi segmentasi, bank bjb terus meningkatkan penyaluran credit seluruh segmen bisnis dengan pertumbuhan tertinggi pada segmen konsumer yang mencapai 15,7 persen menjadi Rp 44,2 triliun pada Desember 2016.
        
Pada akhir tahun 2016 bank bjbmelakukancorporate action dengan menerbitkan medium term notes (MTN) sebesarRp 1,1 triliun, dimana dana yang diperoleh dariaksi korporasi itu akan digunakan untuk mendukung ekspansi kredit pada 2017.
    

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017