Antarajabar.com - Tim Palawa Universitas Padjadjaran berhasil mencapai Puncak Nemangkawi, puncak  tertinggi di Indonesia yang berada di Pegunungan Cartensz, Jayawiya,  Sabtu (25/3) pukul 11.30 WIT.

Nemangkawi, yang juga merupakan  satu dari Tujuh Puncak Dunia   tersebut,  dicapai tim Palawa dengan misi penerapan konsep pendakain tanpa sampah.

Biro Humas dan Protokoler Unpad dalam siaran persnya, Rabu, menyatakan, pencapaian tim tersebut merupakan  satu bentuk pengabdian dalam rangka 35 tahun untuk perhimpunan yang lahir pada tanggal 24 Maret 1982 itu.

Pendakian kali ini dilakukan untuk menuntaskan Ekspedisi Padjadjaran Nemangkawi (EPN). Ekspedisi yang bertemakan "Petualangan dan Pendidikan" ini merupakan rangkaian dari Penelitian Literasi di Desa Suanggama yang berlangsung sejak November tahun lalu.

Kali ini, tim terdiri atas Ichsan Lovano Pradewa (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Ronni Robinson Simbolon (Fakultas Ilmu Budaya), Muhammad Ikhsan Rizky (Fakultas Geologi), dan Yandi Romadona (Fakultas Teknologi Industri Pertanian).

Sesuai dengan nama ekspedisi, tim  membawa misi untuk mempopulerkan nama lokal dari puncak dengan ketinggian 4884 mdpl tersebut.

Puncak yang biasa disebut   Carstensz Pyramid itu memiliki nama lokal "Nemangkawi" yang berasal dari bahasa Suku Amungme.

Nama tersebut berarti Panah Putih karena saat nama tersebut diberikan, gunung tersebut memiliki salju di puncaknya, dan tampak seperti anak panah putih.. 

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017