Antarajabar.com - Kepolisian Resor Garut mengawal pendistribusian soal ujian nasional 2017 ke sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri maupun swasta yang pelaksanaan ujiannya masih secara manual atau cetak di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Pendistribusian soal sudah mulai dilakukan dengan bantuan pengamanan dari kepolisian," kata Koordinator Balai Pendistribusian Soal Ujian Nasional Kabupaten Garut, Dadang Djohar di SMK Negeri 1 Garut, Selasa.

Ia menuturkan, pemerintah pusat menunjuk lokasi SMK Negeri 1 Garut menjadi balai pendistribusian kertas soal UN SMK

2017 wilayah Kabupaten Garut.

Soal yang telah disimpan di SMK Negeri 1 Garut itu, kata dia, selanjutnya didistribusikan ke delapan posko untuk diberikan ke masing-masing SMK negeri dan swasta di sejumlah kecamatan di Garut.

"Prosedurnya soal dikumpulkan di sini (SMK Negeri 1 Garut), kemudian dari masing-masing sekolah mengambil langsung ke sini dengan pengawalan ketat dari polisi," katanya.

Ia menyebutkan, sekolah yang menyelenggarakan ujian 2017 sebanyak 133 SMK, sementara sekolah yang mengikuti ujiannya secara tulis hanya 44 sekolah, dan 91 sekolah lainnya menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ia menegaskan, seluruh soal yang didistribusikan dijamin kerahasiaannya, tidak akan terjadi kebocoran maupun pihak yang berbuat curang.

"Di sini kita juga mendapatkan pengamanan polisi, kemudian pendistribusian sampai pelaksanaannya di jaga polisi, jadi kerahasiaan negara dijamin," katanya.

Sementara itu, hari kedua pelaksanaan ujian nasional secara tertulis maupun UNBK berjalan lancar tidak ada pihak yang melaporkan adanya kendala.

Sekolah tingkat SMK yang mengikuti ujian nasional secara komputer sebanyak 91 SMK dengan jumlah peserta 11.240 siswa, sedangkan ujian secara tulis diikuti 42 SMK dengan jumlah peserta 1.568 siswa. 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017