Antarajabar.com - Pusamania Borneo FC (PBFC) berhasil mengalahkan Persib Bandung 2-1 pada leg pertama semifinal Piala Presiden 2017 di Stadion Segiri Samarinda, Kamis malam.

Kekalahan itu merupakan pertama kalinya yang dialami Persib selama perhelatan Piala Presiden 2017, sedangkan bagi PBFC hanya perlu menahan imbang di leg kedua di kandang Persib pada Minggu (5/3).

Absennya bomber andalan Persib Sergio Van Dijk membuat Persib kehilangan sedikit kekuatannya, pasalnya selama babak penyisihan Persib selalu bertumpu pada pemain naturalisasi asal Belanda tersebut.

Pada babak pertama, PBFC langsung memperagakan permainan terbuka dengan menekan pertahanan Persib. Pada 10 menit pertama, permainan Persib tak berkembang dan terus digempur oleh lini depan PBFC.

Persib yang hanya mengandalkan serangan balik, selalu dipatahkan oleh pemain belakang Kunihiro Yamashita, Dirkir Kohn Glay, Zulvin Zamrun, dan Michael Orah yang bermain rapi pada menit-menit awal. Pergerakan Febri Haryadi yang selalu merepotkan, tidak berpengaruh bagi mereka.

Pada menit ke-14 Reinaldo berhasil membawa tim berjuluk Pesut Etam memimpin melalui sundulannya usai memaksimalkan umpan tendangan sudut Asri Akbar. Usai gol tersebut, Persib masih kesulitan untuk keluar dari tekanan PBFC.

Vladimir Vudjovic berhasil membuat suporter PBFC terdiam saat sundulannya mampu merobek jala yang dijaga Wawan Hendrawan pada menit ke-44. Babak pertama pun berakhir 1-1.

Selepas turun minum, Persib mampu mendominasi jalannya pertandingan, apalagi setelah Djajang Nurjaman memasukan Shohei Matsunaga dan Supardi untuk mengantikan Gian Zola dan Angga Febriyanto.

Kedua pemain itu membuat lini tengah Persib lebih bervariasi dalam melakukan serangan. Beberapa kali mereka mampu membuat pemain belakang PBFC mesti bekerja keras mengawal pergerakan mereka.

Namun, dominasi Persib tak bertahan lama. PBFC kembali menambah keunggulan pada menit ke-67 lewat sundulan Patrich Wanggai setelah menerima umpan tendangan bebas Asri Akbar. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan PBFC.

Dalam pertandingan tersebut, Asri menjadi pemain terbaik PBFC dengan menyumbang dua assist.

Skor 2-1 tetap bertahan sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Meski kalah, peluang Persib melaju ke final masih terbuka lebar. Pasalnya hanya dengan 1-0, Persib dapat masuk ke babak final karena mempunyai selisih gol tandang.

Bagi PBFC, mereka hanya butuh hasil imbang di leg kedua untuk melaju ke babak final yang rencananya diselenggarakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pewarta: Pewarta: Asep Firmansyah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017