Antarajabar.com - Ketua Umum KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin memperkenalkan kaos "champion" sebagai tanda Jabar telah berhasil menjadi juara umum atau "Jabar Kahiji" pada  PON XIX/2016.
       
"Alhamdulillah Jabar sudah meraih apa yang kita targetkan, Jabar Kahiji sudah kita genggam," kata Ahmad Saefudin di Bandung, Rabu.
       
Hingga pukul 14.00 WIB Jabar telah mengemas 206 medali emas, 145 perak dan 129 medali perunggu. Menurut dia, hasil tersebut sangat luar biasa dan para atlet dan offisial telah berusaha maksimal memperjuangkannya.
       
Pada kesempatan itu, Ketua KONI Jawa Barat memuji perjuangan atlet, pelatih, pembina dan para orang tua mereka yang telah memberikan sumbangsih dan dukunganya baik moril maupun materil.
       
"Terima kasih dan apresiasi sebenar-benarnya kepada atlet dan orang tua atlet. Mereka merupakan bagian dari perjalanan panjang menuju sukses ini," katanya.
       
Menurut Ahmad Saefudin, raihan 206 medali emas hingga Selasa siang, merupakan sebuah catatan spektakuler yang pernah ditorehkan Jawa Barat sekaligus menyudahi puasa gelar juara umum PON sejak PON V/1961.
       
Perjuangan dan persiapan panjang yang dilakukan KONI Jabar dan para atlet akhirnya terjawabkan dengan prestasi maksimal yang diraih pada atlet yang bahkan jauh melampaui target minimal 180 medali emas pada PON XIX/2016.
        
"Medali-medali dan juara umum yang diraih Jabar merupakan pertanggungjawaban KONI Jabar kepada masyarakat Jawa Barat," katanya.
        
Pada kesempatan itu, Ketua KONI Jabar juga menyebutkan dengan gelar juara umum itu maka Jabar telah menuntaskan msalah satu sukses dari catur sukses Jabar yakni sukses prestasi.
         
Sementara itu Wakil Komandan Satgas Prestasi KONI Jabar, verdia Yosef yang menyatakan sukses Jabar tidak lepas dari upaya maksimal sebelum dan pada penyelenggaraan PON.
        
"Jabar meraih medali emas rata-rata diraih dengan point dan angka telak. Beberapa rekor dipecahkan dari sejumlah cabang olah raga," katanya.
        
Ia menyebutkan beberapa cabang yang mencapai sukses besar adalah renang dari target 17 medali emas hingga Rabu telah meraih 25 emas. Juga judo 12 emas, dayung 18 emas, taekwondo  delapan emas, menembak 13 emas dan lainnya.
        
Secara keseluruhan perolehan medali emas Jabar setiap karinya pada kisaran 25 persen dari total medali yang diperebutkan.
       
"Kami hanya fokus pada medali emas, sedangkan target juara umum per cabang itu hanya target antara," katanya menambahkan.

   

Pewarta: Syarif

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016