Antarajabar.com - Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dari seluruh provinsi melakukan pertemuan di kawasan Ciater Kabupaten Subang, Kamis, sekaligus menggelar berbagai kegiatan yang merupakan rangkaian dari Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XII/2016 Jabar.

Kegiatan silaturahim perwakilan IKWI se-Indonesia itu dihadiri oleh istri Gubernur Jabar Hj Netty Prasetyani Heryawan yang memberikan dukungan terhadap organisasi itu untuk ikut andil dalam berbagai program kemasyarakatan melalui kompetensi media dan informasi.

"IKWI sebagai organisasi yang telah memiliki jaringan luas diharapkan bisa lebih berperan dalam berbagai program kemasyarakatan, salah satunya berpartisipasi dalam pengentasan masalah kekerasan pada perempuan dan anak," kata Ny Netty Prasetyani.

Menurut dia, IKWI memiliki potensi bersinergi dan bahu membahu dalam menyelesaikan problematika sosial itu yang saat masih menjadi pekerjaan rumah berbagai pihak di Indonesia.

Netty yang juga merupakan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat itu menyebutkan upaya menekan angka kekerasan pada anak dan perempuan itu merupakan salah satu prioritas P2TP2A Jawa Barat menyusul adanya peningkatan kasus itu di masyarakat.

Problematika yang presentase kasusnya kian membanyak tersebut, mampu akan diselesaikan bila kita menyimpan rasa tanggung jawab yang tinggi.

"Media merupakan entitas paling kuat di muka bumi, dan kita memiliki tanggung jawab sebagai ibu bagi bangsa kita sendiri," kata Netty.

Ia menyatakan pertemuan IKWI yang dihadiri seluruh pengurus dari seluruh Indonesia merupakan sebuah ajang strategis dan harus dianggap sebagai pertemuan yang sakral.

"Kita mesti memaknai lebih dalam akan kegiatan ini serta menjadikannya sebagai momentum dalam merenungkan nasib Indonesia dari aspek media dan informasi," katanya.

Pada kesempatan itu Netty Heryawan mengapresiasi kegiatan Porwanas XII/2016 Jabar yang dipusatkan di Kota Bandung yang diharapkan bisa menggerakkan spirit insan wartawan dan keluarga besar wartawan Indonesia untuk berkomitmen menjadi bagian dari kehidupan olahraga di tanah air.

"Porwanas harus menjadi bagian ajang strategis untuk mendukung pembinaan olahraga di tanah air dan juga menjadi ajang mengolahragakan masyarakat," katanya.

Sementara itu Ketua IKWI Jawa Barat Ny Yani Mirza Zulhadi mengatakan kegiatan gathering IKWI dengan agenda "ladies program" itu merupakan bagian dari ajang Porwanas sekaligus sebagai ajang konsolidasi organisasi IKWI.

"Kegiatan IKWI yang digelar hari ini merupakan bagian dari kegiatan Porwanas 2016 Jabar yang dipusatkan di kawasan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung," kata Ketua IKWI Jawa Barat, Yani Mirza.

Dalam gelaran itu, IKWI juga mempertandingkan cabang olahraga tenis meja eksibisi yang dimenangkan oleh Kontingen Porwanas 2016 Lampung. Rangkaian kegiatan IKWI masih terus berlanjut Jumat (29/7) akan ada eksibisi voli di depan Gymnasium UPI.

"Sudah ada enam tim yang mendaftar, beberapa merupakan campuran," kata Yani menambahkan.

Pada kegiatan itu, IKWI menggelar berbagai kegiatan, salah satunya fashion show yang menampilkan busana karya para anggota IKWI.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016