Antarajabar.com - Listrik sudah menjadi bagian penting dalam hidup kita. Lampu, pompa air, televisi, dan
peralatan elektronik lain tidak bisa berfungsi tanpa energi listrik. Namun tahukah anda bahwa untuk sampai ke rumah kita energi listrik memerlukan proses yang panjang. Oleh karena itu, ada baiknya kita kenali aset listrik PLN dan instalasi listrik rumah untuk keamanan dan kenyamanan kita bersama.

Gardu listrik yang berbentuk bangunan tembok maupun tiang portal merupakan gardu berisi trafo yang berfungsi menyalurkan listrik dengan tegangan 20.000 Volt. Hanya petugas yang boleh masuk ke dalamnya. Masyarakat umum tidak diperkenankan memasuki gardu.

Jaringan listrik yang terdiri dari tiga kabel terbentang merupakan jaringan dengan tegangan 20.000 Volt. Masyarakat harus waspada jika beraktifitas di dekat kabel-kabel ini, seperti memasang/memperbaiki antena, parabola, papan reklame, tiang besi rumah, dll. 

Masyarakat juga sebaiknya tidak menebang pohon maupun bermain layang-layang di sekitar jaringan tersebut. 

Benda-benda yang bersifat konduktor seperti besi, kawat dan arku layang-layang jika mengenai kabel bertegangan 20.000 Volt akan berakibat fatal bagi siapapun yang memegangnya.

Kewenangan PLN adalah sampai dengan batas kWh meter. Adapun instalasi listrik yang ada didalam rumah merupakan tanggung jawab pelanggan.
 
Untuk keamanan dan keselamatan bersama, setiap instalasi listrik harus lulus uji dan mendapat Sertifikat Laik Operasi sebelum dialiri listrik oleh PLN. Instalasi juga harus diperiksa setiap lima tahun sekali untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Penggunaan listrik di dalam rumah pun harus sesuai aturan agar tidak menimbulkan korsleting. Pelanggan tidak diperkenankan mengutak-atik kWh meter maupun menggunakan listrik secaratidak sah. 

Selain itu ketika ingin menambah jumlah stop kontak, pelanggan sebaiknya tidak menggunakan stop kontak secara bertumpuk.

Apabila masyarakat mengetahui keadaan yang membahayakan ataupun membutuhkan bantuan layanan teknik PLN, segera hubungi Call Center PLN di nomor 022-123. Petugas layanan teknik PLN siap memberikan layanan teknik 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tanpa dipungut biaya. (Advertorial)

Pewarta:

Editor : Imansyah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016