Antarajabar.com - Venue atau tempat pertandingan cabang olahraga dayung PON XIX/2016 di Situ Cipule Kabupaten Karawang sudah mulai dilakukan pengerukan dan membersihkan gulma yang ada di danau itu.
       
"Situ Cipule sudah mulai dilakukan pengerukan dan pembersihan gulma, ditargetkan rampung pada 18 Juni 2016," kata Sekretaris PB PON XIX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar Ahmad Hadadi di Bandung, Senin.
       
Menurut Hadadi, sebagai uji coba pasca-dilakukan pengerukan dan normalisasi situ itu akan digunakan untuk tempat berlatih oleh Pelatda PON XIX/2016 Jabar.
       
"Ya uji coba akan dilakukan oleh tim Pelatda Jabar, sekaligus untuk melakukan evaluasi dan apa saja yang perlu dibenahi," kata Hadadi.
       
Pembersihan gulma air dan pengerukan kedalaman situ Cipule terus dimaksimalkan. Sebanyak dua kapal pengisap untuk membersihkan gulma dikerahkan. Selain itu juga dua unit beko pengeruk lumpur telah beroperasi melakukan pengerukan dengan menggunakan ponton.

        "Rencananya alat beratnya akan ditambah lagi untuk mempercepat pengerukan, semuanya dimaksimalkan," kata Hadadi.  
    Situ Cipule yang akan digunakan untuk pertandingan PON 2016 itu  memiliki panjang tiga kilometer, seangkan untuk pertandingan akan digunakan sepanjang dua kilometer.

         Sementara 2,2 meter dan akan dikeruk lagi sampai 2,4 meter sehingga menjadi layak dan bisa digunakan untuk pertandingan dayung.

         Sementara terkait isu venue tersebut gagal lelang dan tidak akan bisa digunakan PON, Hadadi menegaskan sudah tidak ada masalah. Bahkan proses pengerjaan sendiri sudah dilakukan dan ditargetkan pada 18 Juni 2016 mendatang sudah rampung.

         Namun demikian akses jalan menuju venue memang masih dalam tahap pelebaran dan pembetonan. untuk pengerjaan akses jalan tersebut ditargetkan bisa selesai pada Agustus 2016 mendatang.

         "Untuk pengerjaan secara keseluruhan sudah 24 persen. Tapi secara fungsional Juni sudah bisa dipakai latihan atlet Pelatda Jabar untuk persiapan PON 2016.

         "Tidak ada masalah, semua berjalan sesuai program. Yang paling berat adalah pengerjaan sarana pendukung seperti akses jalan. Kita pun dorong terus supaya pengerjaan dipercepat, tagetnya Agustus selesai," katanya.

         Sementara itu cabang olahraga dayung akan mempertandingkan 40 nomor pertandingan yang akan digelar di Situ Cipule yakni nomor cano, kayak, perahu naga dan rowing mesin.

Pewarta: Syarif

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2016