Antarajabar.com - Tim voli putri Alko Bandung keluar sebagai juara grup AA Livoli Divisi Utama 2015 setelah pada pertandingan terakhir mengalahkan tim Mabes TNI 3-0 (26-24, 25-18, 26-24) di GOR C-Tra Arena Cikutra Bandung, Selasa.

"Pertandingan terakhir ini kami masih terus mencari performa tim, masih ada sedikit kekurangan. Semoga di delapan besar bisa bermain baik lagi," kata asisten pelatih M Zoelni Halinanda.

Sebelumnya Alko telah meraih dua kemenangan atas Petrokimia (3-0) dan LNG Badak (3-0) yang juga tergabung dalam grup AA. Meski masih menyisakan satu pertandingan di grup AA yang mempertemukan Petrokimia dan Mabes TNI. Namun hal itu tak akan berpengaruh pada posisi Alko.

Melawan Mabes TNI, pertandingan berlangsung sengit. Sempat memimpin jauh di set pertama dengan skor 7-0, namun Mabes TNI tak tinggal diam.

Tim yang dilatih mantan pevoli terbaik nasional Susanti itu, mampu mengimbangi Alko hingga menyamakan kedudukan di skor 13-13 dan terus memberikan perlawanan meski kalah dengan skor tipis 26-24.

Set kedua Alko mendominasi permainan dari awal set. Serangan dan pertahanan apik mampu diperagakan baik oleh tim yang diperkuat pemain-pemain nasional seperti Yolla, Aprilia, Wilda dan Berlian.

Namun set ketiga permainan berbalik dan berlangsung seru. Mabes TNI menunjukkan semangat untuk merebut set ketiga. Serangan-serangan yang dilancarkan Alko mampu dikembalikan dengan baik oleh Mabes TNI. Sebaliknya Alko banyak melakukan kesalahan sendiri.

Bahkan Mabes TNI hampir merebut set ketiga saat unggul 22-20. Namun lewat spike-spike keras yang terus dilancarkan oleh Aprilia dapat menembus pertahanan Mabes. Membuat keadaan skor sama 22-22, 23-23, 24-24 hingga akhirnya Alko pastikan kemenangan 26-24.

"Set ketiga pemain sudah kelelahan, lawan pun mampu mengimbangi dan membuat pemain kita sepertinya tegang," kata Zoelni

Hal serupa diungkapkan libero Alko Bandung Berlian Marsheiyla yang mengaku sedikit santai dan sedikit kelelahan.

"Sebenarnya main sudah enak, tapi saya dan teman-teman terlalu santai dan mungkin kelelahan juga," kata Berlian.
 
Sementara pelatih Mabes TNI Susanti mengaku Alko lebih baik diatas timnya yang memiliki komposisi pemain nasional dan berpengalaman.

"Kami tahu komposisi Alko memiliki pemain yang sudah berpengalaman, kami hanya manfaatkan kelemahan adaptasi mereka dengan toaser yang masih junior," katanya.

Pada babak 8 besar Alko akan menghadapi peringkat empat grup BB pada Kamis, (5/11). Evaluasi akan dilakukan tim Alko terutama set pertama yang pada tiga pertandingan terakhir selalu bermain kritis.

"Saya sudah bahas ini dengan pelatih Tian Mei, kita akan evaluasi apakah komposisi starting line yang salah atau pemain kita yang memang terlambat panas," kata Zoelni.

Sementara itu kemenagan hari ini juga diraih LNG Badak usai kalahkan Petrokimia 3-1 (25-23, 25-18, 17-25, 25-23) yang juga tergabung di grup AA. LNG pun pastikan posisi kedua dengan dua kemenangan. Sedang Petrokimia akan memperbutkan posisi ketiga dan keempat dengan Mabes TNI besok (4/11).

Delapan besar akan mempertemukan peringakat pertama AA dengan peringkat keempat BB dan begitu sebaliknya. Peringkat kedua AA berhadapan peringkat ketiga BB dan begitu sebaliknya

Partai penentuan grup BB akan dilangsungkan Rabu besok. Bank Jatim dan TNI AU akan memperbutkan peringkat satu dan dua. Putri Polres Banyuwangi dan Vita Solo perebutkan tempat ketiga dan keempat.

Pewarta: Bagas

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015