Antarajabar.com - Jawa Barat menjadi tuan rumah Musyawarah Kerja Wilayah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Mukerwil-Hipmi) yang akan digelar di Bandung, 20-21 Oktober 2015.

"Mukerwil ini akan diikuti oleh sembilan DPD Hipmi di kawasan itu, selanjutnya rekomendasi pertemuan ini akan dibawa ke Mukernas BPP Hipmi pada 9 November nanti," kata Ketua DPD Hipmi Jabar Jody Janitra di Bandung, Senin.

Rencananya, Mukerwil pada pengusaha muda itu akan dibuka oleh Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan di Gedung Sate Kota Bandung pada Selasa (20/10) sekaligus melakukan dialog dengan anggota Hipmi kabupaten/kota di Jabar.

Pada kesempatan itu, juga akan dilakukan pelantikan DPD Hipmi Jawa Barat periode 2015-2018 pimpinan Jody Janitra. Peserta yang hadir yakni dari Banten, Jakarta, Jabar, Yogyakarta, Jateng, Jatim, Bali, NTB dan NTT.

Selain itu juga akan diluncurkan aplikasi "Hipmi Jabar Connection Application" yang merupakan jaringan koordinasi dan pemasaran produk para pelaku usaha muda di Jabar.

"Aplikasi itu khas, karena menjadi jejaring pemasaran produk dan koordinasi bisnis antara pengusaha muda di Jabar, khususnya anggota Hipmi," kata Jody.

Aplikasi itu, kata dia sengaja diluncurkan karena akan meningkatkan nilai tambah dan optimalisasi jejaring organisasi yang dilakukan secara botom up. Hal itu berbeda dengan aplikasi yang telah ada di Hipmi yang lebih cenderung top down atau bertikal dari atas ke bawah.

"Nantinya dengan aplikasi itu akan terjalin jejaring bisnis yang setara, kemudian silaturahim akan menjadi kekuatan bagi pengusaha Jabar untuk bisnis yang lebih bersinergi," katanya.

Aplikasi jejaring bisnis pengusaha muda Jabar mendapat apresiasi dari Ketua Tim Pengarah Mukerwil Hipmi di kawasan itu, Andi Mataliti yang menyebutkan aplikasi itu merupakan terobosan yang bisa diikuti oleh yang lainnya.

"Kami apresiasi Hipmi Jabar, meski baru tiga bulan terpilih sudah meluncurkan aplikasi jejaring bisnis yang menurut saya sebuah terobosan, dan tentunya melengkapi kreatifitas Hipmi," kata Andi Mataliti.

Sementara itu, kegiatan Mukerwil yang berlangsung dua hari itu akan digelar di dua tempat. Pembukaan akan dilakukan di Gedung Sate Bandung dilanjutkan dengan dialog. Kemudian digelar talshow tentang Forum Bisnis MEA yang akan digelar di Kampus Universitas Komputer (Unikom) Bandung.

Sedangkan pelaksanaan Mukerwil akan digelar di Hotel Marbela Kota Bandung. Pada kesempatan itu akan menekankan peran dan kesiapan pengusaha muda dalam memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN pada Desember 2015.

"Pada mukerwil itu akan dibahas terkait kiat dan strategi pengusaha muda di era MEA, berikut mengupas tantangan dan peluang yang ada," kata Jody Janitra menambahkan.
    

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015