Antarajabar.com - Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil memimpin rapat koordinasi mengenai pemberangkatan bobotoh ke Stadion Gelora Bung Karno Jakarta untuk menonton pertandingan final Piala Presiden 2015.
       
"Teknis keberangkatan harus terkoordinasi dengan aparat keamanan, saya tidak berharap kejadian tahun lalu terulang," kata Ridwan Kamil di Bandung, Rabu.
      
Dalam rapat koordinasi tersebut hadir Manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar, Sekretaris Panpel Persib Budi Bram, koordinator bobotoh Viking Yana serta koordinator bobotoh dan sejumlah distrip suporter fanatik Bandung itu.
       
Penetapan strategi keberangkatan bobotoh ke Ibu Kota tersebut menyusul keputusan PT Mahaka.
       
Rapat koorinasi digelar di Sekretariat PT Persib Bandung Bermartabat Jalan Sulanjana Kota Bandung.
       
Ridwan Kamil dan Umuh memandang perlu dilakukan rakor tersebut untuk memastikan keberangkatan bobotoh ke Jakarta berjalan tertib, aman dan lancar.
       
"Penetapan titik kumpul sangat perlu, jangan terpencar-pencar. Kita berangkat untuk mendukung, bukan untuk mencari masalah," kata Ridwan Kamil.
        
Pada kesempata itu Emil mengusulkan pengawalan bus oleh personel Polri yakni satu bus dikawal satu petugas kepolisian di sepanjang perjalanan.
        
Selain itu juga pihaknya akan berkoordinasi dengan PT Jasa Marga terkait pengamanan di jalur tol dan titik-titik yang dianggap rawan. Ia menyebutkan pengalaman tahun lalu ketika bobotoh diserang saat pulang dari Palembang harus menjadi bahan pertimbangan pengamanan.
        
Sementara itu Manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar menyatakan akan memfasilitasi keberangkatan bobotoh ke Jakarta dengan mengerahkan 200 unit bus.
       
Menurut Umuh pihaknya akan menyewa bus untuk berangkat ke Jakarta.
        
"Ada sekitar 200 bus yang akan disiapkan untuk mengangkut bobotoh ke GBK Jakarta," katanya.
       
Namun ia juga meminta koordinator bobotoh untuk berkoordinasi keberangkatanya ke Jakarta, terutama rombongan dari luar Bandung agar terkoordinasi dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
       
Menurut Umuh, ia bersama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil akan melakukan koordinasi dengan Polda Jabar pada Kamis (15/10) untuk membahas pengamanan bobotoh ke Jakarta serta mematangkan koordinasi dengan Polda Metro Jaya.
       
"Besok saya dan Pak Wali akan melakukan koordinasi dengan Polda Jabar," kata Umuh Muhtar.
        
Sementara itu pertandingan Persib melawan Sriwijaya FC pada final Piala Presiden 2015 akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (18/10).

Pewarta: Syarif

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015