Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi bercerita tentang prosesi makan terpimpin yang dijalani selama pelaksanaan Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer, Magelang.

"Saya sangat menikmati kebersamaan dan kedisiplinan selama menjalani retreat di Akmil ini. Salah satu yang paling berkesan adalah prosesi makan pagi dan makan siang terpimpin. Mungkin juga nanti makan malam akan dengan prosesi yang sama," kata Hasan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan pada pagi hari, seluruh anggota kabinet sudah berada pukul 08.00 WIB di tenda makan KS Tubun. Prosesi makan tidak boleh dimulai sendiri-sendiri, melainkan dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto.

Presiden Prabowo membunyikan lonceng satu kali, lalu semua anggota kabinet menundukkan kepala berdoa. Setelah hening sejenak, lonceng berbunyi dua kali sebagai pertanda prosesi doa selesai.

"Lalu semua anggota kabinet serentak meneriakkan 'selamat makan'," kata Hasan.

Tidak hanya makan yang dimulai bersamaan. Prosesi makan juga harus diakhiri secara bersama-sama.

Menurut Hasan, ketika lonceng berbunyi sekali, semua berhenti dan berdoa setelah makan. Lalu lonceng berbunyi dua kali sebagai tanda akhir dari doa, dan semuanya meneriakkan "terima kasih".

Makan siang juga dilakukan dengan prosesi yang sama dan dipimpin oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.
"Mungkin terkesan sepele, tapi bagi saya ini bagian dari keteraturan dan kedisiplinan yang diajarkan di sini. Salah satu dari banyak hal tentang kebersamaan dan kedisiplinan yang diajarkan kepada taruna-taruna calon patriot bangsa," tutur Hasan.

Hasan mengatakan retreat selama dua hari menjadi momen yang sangat penting untuk menyerap energi para patriot-patriot bangsa agar setia pada tujuan berbangsa dan bernegara.


Shalat Jumat di Akmil

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti mengungkapkan bahwa imam shalat Jumat yang dilaksanakan dalam agenda Retreat Kabinet Merah Putih berasal dari Akademi Militer (Akmil).

“Salat Jumat dilaksanakan di dalam arena retreat. Imam dan khatib dari takmir Akmil,” kata Mendikdasmen saat dihubungi dari Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Sementara itu, dia mengatakan bahwa acara retreat berlangsung dalam suasana akrab dan santai. Ia juga mengatakan bahwa tidak ada suasana yang bersifat militer.

Pada kesempatan berbeda, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Immanuel Ebenezer juga menyampaikan bahwa dirinya mendapatkan informasi bahwa imam shalat Jumat berasal dari Akmil.

“Di sini sudah ada khatibnya. Dari sini (Akmil, red.),” kata Ebenezer saat dihubungi dari Kota Magelang, Jawa Tengah, Jumat.
Sebelumnya, hari kedua retreat kabinet diawali dengan olahraga bersama yang dipimpin oleh pelatih dari Akademi Militer. Setelah berolahraga selama sekitar 30 menit, kegiatan dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris.

Kabinet Merah Putih dibagi lima kelompok. Pada setiap kelompok disediakan masing-masing tiga pelatih baris-berbaris.

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka turut serta dalam latihan tersebut.

Adapun Kabinet Merah Putih melaksanakan kegiatan tersebut dengan mengenakan pakaian lapangan komponen cadangan (komcad).

Setelah berolahraga dan latihan baris-berbaris, Kabinet Merah Putih diagendakan menjalani pembukaan dan pengarahan pertama oleh Prabowo hingga pembekalan oleh pemateri.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hasan Nasbi cerita prosesi makan terpimpin saat retreat kabinet

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024