Bulog Kantor Cabang Cianjur, Jawa Barat, menyalurkan sekitar 277.079 kilogram bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 32 kecamatan di Cianjur.

Kepala Bulog Kantor Cabang Cianjur, Renoto Horison di Cianjur, Rabu, mengatakan, program bantuan CBP untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan khususnya beras serta sebagai upaya menekan kenaikan harga.

"Masing-masing KPM akan mendapatkan 10 kilogram beras untuk tahap III yang sudah didistribusikan ke beberapa desa sesuai dengan data yang sudah ada, jumlah penerima 277.079 KPM tersebar di 32 kecamatan di Cianjur," katanya.

Setelah beras sampai ke desa segera disalurkan ke KPM sesuai data yang sudah diserahkan dengan bukti dokumentasi fisik berupa foto penyerahan beras agar penyaluran tepat sasaran atau tepat penerimanya.

"Kami pastikan dengan mengirim petugas ke masing-masing desa yang menyalurkan CBP termasuk meminta dokumentasi pada aparat desa sesuai data yang sudah diberikan," katanya.

Sementara Pemerintah Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, menyalurkan bantuan pangan CBP bagi 967 KPM, dimana masing-masing KPM yang mendapatkan bantuan beras 10 kilogram merasa sangat terbantu karena dapat mengurangi pengeluaran.
Sebagian besar KPM sudah mendapatkan tiga kali bantuan beras dari pemerintah selama satu tahun terakhir, mereka berharap bantuan tersebut dapat berlanjut pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Harapan kami pada presiden yang baru dapat melanjutkan program bantuan beras ini, sangat terasa manfaatnya karena harga beras setiap bulannya mengalami kenaikan sedangkan penghasilan sebagai buruh tani tidak menentu," kata warga Sukamanah Rohendi (45).


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024