Ajat Rochmat Jatnika dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, oleh Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri di Sekretariat Daerah, Cibinong, Jumat.

Ajat yang merupakan mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor masuk dalam tiga nama hasil lelang jabatan atau open bidding posisi sekda.

Dua lainnya yaitu, Asnan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, dan Irwan saat ini duduk sebagai Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor.

Bachril Bakri saat menyebutkan proses seleksi jabatan Sekda Kabupaten Bogor ini telah melalui beberapa tahapan dan telan memperoleh rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri RI dan Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN.

"Pelantikan dan pengisian jabatan merupakan suatu hal yang bias dalam rangka mengisi kekosongan jabatan. Pengangkatan jabatan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan," kata Bachril.

Ia memberikan empat tugas prioritas untuk ditangani Ajat dalam melaksanakan jabatannya sebagai Sekda Kabupaten Bogor. Pertama, menyukseskan tahapan Pilkada 2024 dan membantu dalam mencapai target partisipasi pemilih yang telah ditetapkan sebesar 85 persen.

Kedua, berkoordinasi dengan DPRD Kabupaten Bogor kaitan dalam pembahasan APBD tahun 2025 yang saat ini sedang dibahas.

Ketiga, mengoordinasikan program prioritas nasional dalam upaya pengendalian inflasi, penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, pengangguran terbuka, lalu pengembangan pariwisata dan UMKM, penanganan darurat sampah, serta mitigasi bencana.

"Kepada sekda definitif segera koordinasi dengan perangkat daerah, program yang belum, sedang, dan akan dilaksanakan, sehingga berjalan dengan baik," ujar Bachril.


 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024