Musibah kebakaran melanda perkampungan padat penduduk di Kampung Riunggunung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Minggu yang mengakibatkan seorang warga terluka dan mengungsi.

"Kebakaran yang terjadi di RT 01/01, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya ini tidak menimbulkan korban jiwa hanya saja seorang warga yang merupakan pemilik rumah mengalami luka ringan," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya Yanto Prayitno di Sukabumi.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh salah seorang warga yang melihat kepulan asap hitam keluar dari atap rumah milik Kanot yang dihuni oleh dua kepala keluarga atau enam jiwa.

Saat kejadian, rumah itu hanya dihuni Kanot dan ibunya yang sudah renta dan serta keduanya dalam kondisi sakit, sementara anggota keluarga lainnya tengah berada di rumah karena sedang bekerja.

Tetangga yang mengetahui bahwa di dalam rumah masih ada orang yang kemudian warga memberikan bantuan dengan mendobrak pintu rumah serta mengevakuasi penghuni rumah yang sedang dalam keadaan sakit.

Material rumah yang mayoritas menggunakan bahan mudah terbakar mengakibatkan api dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh bagian rumah berserta isinya. Warga yang berada di lokasi bergotong royong untuk memadamkan api dengan alat seadanya agar tidak merambat ke rumah warga lainnya.

Berselang 30 menit datang tim pemadam kebakaran yang mengerahkan satu unit kendaraan langsung melakukan pemadaman dan api pun berhasil dipadamkan sekitar 15 menit kemudian.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024