Pembalap muda Pedro Acosta (GASGAS Tech3) meraih posisi pole perdananya di kelas balap MotoGP, ketika ia keluar sebagai yang tercepat pada sesi kualifikasi Grand Prix Jepang di Sirkuit Motegi, Sabtu.

Acosta mencatatkan waktu lap terbaik 1 menit 43,018 detik, tepat di depan juara dunia dua kali Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Maverick Vinales (Aprilia Racing), yang masing-masing terpaut tipis 0,254 detik dan 0,437 detik dari sang pemimpin balapan.

Bagnaia, yang memuncaki sesi latihan bebas (FP) kedua juga tampil konsisten pada awal sesi kualifikasi yang diselimuti hujan yang cukup deras tersebut.

Persaingan untuk memperebutkan posisi terdepan pun berlangsung cukup ketat dengan Marc Marquez (Gresini Racing) dan Jorge Martin (Prima Pramac) yang berusaha untuk mendominasi balapan.
 

Di sisi lain, Marquez perlahan mulai menemukan ritmenya dan mencatatkan rekor waktu lap tercepat 1 menit 42,868 detik, sebelum akhirnya dicabut karena track limit. Hal itu pun mempermudah Acosta untuk mempertahankan posisi pole yang ia perjuangkan di barisan depan.

Adapun para pembalap yang melengkapi daftar 10 besar pada sesi kualifikasi ini adalah Enea Bastianini (Ducati Lenovo), Brad Binder (Red Bull KTM), Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing), Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46), serta Marc Marquez dan Alex Marquez (Gresini Racing).

Balapan utama MotoGP Jepang sendiri bakal digelar pada Minggu (6/10) pada pukul 12.00 WIB.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Acosta raih pole perdana MotoGP di Jepang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024