Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri RI Asmawa Tosepu dilantik menjadi Penjabat sementara (Pjs) Bupati Belitung Timur usai melepaskan jabatannya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bogor.

Asmawa dilantik oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Sugito di Ruang Rapat Pasir Padi Kantor Gubernur Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang, Selasa.

Penunjukan Asmawa ini sesuai dengan surat Keputusan Menteri Dalam Negeri RI mengganti posisi sementara Burhanuddin dan Khairil Anwar, yang sama-sama maju mencalonkan diri di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Belitung Timur 2024.

“Semoga selama dua bulan ke depan ini, Pjs Bupati Belitung Timur dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan apa yang sudah diamanatkan dalam peraturan Perundang-undangan,” ungkap Sugito.

Sementara itu, Asmawa Tosepu mengaku segera menjalankan tugas-tugas barunya sebagai pemimpin "Negeri Laskar Pelangi". Ia juga menerima beberapa arahan untuk segera ditindaklanjuti di Kabupaten Belitung Timur, seperti penanganan inflasi, stunting, hingga menyukseskan Pilkada 2024.

"Yang paling utama adalah menyukseskan pesta demokrasi Pilkada," kata Asmawa.

Di Kabupaten Bogior, meski hanya menjabat kurang dari setahun sebagai Pj Bupati Bogor, Asmawa berhasil mencatatkan berbagai pencapaian penting, terutama dalam melaksanakan penataan kawasan wisata Puncak.
Asmawa Tosepu juga menyelesaikan konflik angkutan khusus tambang dengan masyarakat setempat di wilayah Parungpanjang.

Pemkab Bogor juga menyandang predikat sebagai Pemerintah Daerah dengan Kategori Pratama dalam Pencapaian Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang PMK.


 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024