Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Terpilih periode 2024-2029 mengucapkan sumpah janji anggota DPD RI periode 2024-2029 yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

"Anggota DPD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah dan janji bersama-sama yang dipandu oleh Ketua MA dalam Sidang Paripurna DPD RI," kata Ketua Sementara DPD RI Ismeth Abdullah yang memimpin Sidang Paripurna DPD RI.

Hal itu, kata dia, sebagaimana ketentuan Pasal 253 ayat (1) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU Nomor 13 Tahun 2019 tentang perubahan ketiga atas UU MD3.

Ketua Mahkamah Agung  M. Syarifuddin kemudian memandu sumpah janji anggota DPD RI masa jabatan 2024-2029 yang dilakukan menurut agama masing-masing.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPD dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945,” kata Syarifuddin yang diikuti oleh seluruh anggota DPD yang hadir.

Dia kemudian melanjutkan, "Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa, negara, dan daerah daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan."

"Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap para anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 itu.

Dia mengingatkan bahwa sumpah janji tersebut mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara RI, serta memelihara dan menyelamatkan Pancasila maupun UUD NRI Tahun 1945.

"Sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," ucap Syarifuddin.

Acara kemudian berlanjut ke penandatanganan berita acara sumpah/janji dan pakta integritas anggota DPD RI secara simbolis, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah janji.

Kemudian, para anggota DPD RI dipersilakan menandatangani berita acara sumpah janji dan formulir yang disediakan di meja masing-masing.

"Semoga pengucapan sumpah dan janji yang telah kita lakukan dapat menjadi langkah awal yang baik bagi kita semua dalam mengemban amanah konstitusi sebagai anggota DPD RI dan secara konsisten untuk terus berupaya memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah di tingkat pusat," kata Ismeth Abdullah mengakhiri prosesi sumpah/janji anggota DPD RI.

Ismeth lantas menuturkan bahwa pada Selasa hari ini DPD RI juga akan menggelar pula sejumlah agenda lainnya yakni, Rapat konsultasi pimpinan sementara DPD RI dengan perwakilan provinsi masing-masing pada pukul 12.00 WIB di Ruang Rapat Sriwijaya, Gedung DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kemudian, Sidang Paripurna Ke-2 DPD RI dengan agenda pengesahan jadwal acara sidang DPD RI awal masa jabatan periode 2024-2029 dan agenda terkait lainnya pada pukul 13.00 WIB di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Lalu, Sidang Paripurna Ke-3 DPD RI dengan agenda pemilihan pimpinan tetap DPD RI 2024-2029 pada pukul 19.00 WIB di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anggota DPD RI 2024-2029 ucapkan sumpah-janji dipandu Ketua MA

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024