Sebanyak 18 ribu pelajar dari 40 sekolah di Kota Cirebon, Jawa Barat, menjadi sasaran pelaksanaan uji coba program Makan Bergizi Gratis (MBG) sebagai model penerapan untuk program serupa yang nantinya dilaksanakan di tingkat nasional.
 
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto mengatakan Kota Cirebon menjadi daerah keenam yang dipilih sebagai lokasi uji coba program MBG, setelah kegiatan ini dilakukan di Tangerang, Cilegon, Salatiga, Surakarta dan Tegal.

Baca juga: Kota Cirebon pajang produk karya warga binaan lapas di Mal UKM
 
“Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam merancang program nasional, yang akan diterapkan secara menyeluruh di tingkat nasional,” kata Wiranto usai meninjau pelaksanaan uji coba program MBG di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cirebon, Rabu.
 
Tanpa uji coba, menurutnya, tidak mungkin ada perencanaan yang matang dan sempurna. Oleh karena itu kegiatan ini dapat mematangkan persiapan program MBG di tingkat nasional sehingga pelaksanaannya berjalan optimal di kemudian hari.
 
Wiranto menjelaskan setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing, sehingga banyak hal yang bisa dipelajari dari uji coba ini. Misalnya program MBG dapat mengakomodir penggunaan bahan pangan lokal untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi pelajar.
 
“Ini menjadi masukan yang sangat berharga bagi badan yang nantinya diserahi tugas oleh Presiden terpilih, yakni Prabowo Subianto untuk menyelenggarakan program makan bergizi gratis di seluruh Indonesia,” katanya.
 
Pada uji coba di Kota Cirebon, kata dia, program MBG disesuaikan dengan memerhatikan perbedaan kebutuhan kalori bagi siswa sekolah dasar (SD) dan pelajar SMP.
 
Ia menyebutkan untuk menu makan siswa SD anggarannya Rp15.000 per anak, sementara pelajar SMP sekitar Rp7.500 per anak. Angka tersebut sudah disesuaikan dengan porsi kebutuhan kalori, gizi serta volume susu yang dikonsumsi.
 
Wiranto memastikan hasil dari uji coba program MBG ini, nantinya menjadi bahan referensi agar pelaksanaannya di tingkat nasional bisa berjalan dengan baik.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon serta para pejabat, guru, dan orang tua murid yang telah bekerja sama, sehingga uji coba ini bisa terlaksana dengan baik," ujarnya.
 
Sementara itu Pj Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi menyampaikan bahwa uji coba program MBG di daerahnya berlangsung selama lima hari, serta setiap pelajar mendapatkan satu paket menu makanan untuk dikonsumsi di sela-sela kegiatan belajar mengajar (KBM).
 
Ia menambahkan pihaknya telah mendata terdapat 68 ribu siswa dari semua jenjang pendidikan di Kota Cirebon, yang berpotensi menjadi penerima manfaat dari program ini ke depannya.
 
“Program ini menjadi akselerasi untuk mendorong terwujudnya generasi emas. Kota Cirebon siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan MBG di masa depan,” kata Agus.

Baca juga: Pemkot Cirebon memfasilitasi UMKM untuk tembus pasar ekspor

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024