Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat mengaku salut atas dukungan penuh yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bekasi kepada segenap atlet daerah itu selaku duta olahraga Jabar di ajang PON Aceh-Sumatera Utara 2024.
 
"Salut atas semangat, komitmen dan kekompakan pemerintah daerah yang dikomandoi Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi saat mengawal atlet mewujudkan Jabar hattrick juara PON," kata Ketua KONI Jawa Barat Muhammad Budiana dari Bandung, Minggu.
 
Dia menyampaikan terima kasih atas komitmen serta dukungan penuh secara langsung dari setiap arena pertandingan. Budiana menyebut kehadiran mereka sebagai persembahan luar biasa dari Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk Jawa Barat.
 
Dirinya juga berharap semangat dukungan yang telah diperlihatkan segenap jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mendukung atlet mereka berlaga dapat menjadi contoh bagi wilayah kabupaten serta kota lain di Provinsi Jawa Barat.
 
Menurut dia kehadiran langsung pemerintah daerah mampu menambah motivasi sekaligus daya juang para atlet yang sedang berlaga demi mencapai puncak prestasi.
 
"Ini sungguh contoh teladan yang sangat bisa untuk ditiru oleh daerah-daerah lain. Wajar saja kalau atlet Kabupaten Bekasi menyumbang medali yang sangat banyak bahkan mendominasi emas Jawa Barat karena faktor dukungan penuh pemda juga," katanya.
 
Pada ajang PON 2024, atlet asal Kabupaten Bekasi menyumbangkan 27 persen medali emas dari total yang diperoleh kontingen Jawa Barat pada klasemen akhir perolehan medali multi cabang olahraga terbesar di Indonesia itu.
 
"Ini bukti pembinaan olahraga prestasi di Kabupaten Bekasi semakin maju, ini juga yang menjadi indikator kemajuan daerah," kata Ketua Umum KONI Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hasan.
 
Atlet-atlet binaan KONI Kabupaten Bekasi mempersembahkan 148 medali dengan rincian 53 emas, 40 perak, dan 55 perunggu dari total 540 medali yang diperoleh kontingen Jawa Barat masing-masing 195 emas, 163 perak dan 182 perunggu.
 
Sebanyak 53 medali emas atau 27 persen dari total emas Jawa Barat tersebut disumbangkan dari 23 disiplin olahraga. 

  

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024