Atlet cabang olahraga atletik Jawa Barat (Jabar), Tresna Puspita, mengatakan meski berbeda tim tetapi dukungan dari suami yang juga atlet, telah banyak membantu dirinya untuk persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.
 
Ia membeberkan, suaminya yang bernama Abdul Hafiz dan membela tim atletik Sumatera Utara (Sumut), telah berkontribusi untuk memotivasi dan menjaga kedisiplinan selama latihan persiapan untuk PON.
 
"Karena punya suami atlet, jadi kami mengatur makanan, disiplin berolahraga dan latihan bisa diatur bersama, sekaligus menjaga chemistry hubungan," kata Tresna usai menerima medali emas nomor lontar martil putri di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, keuntungan memiliki suami yang juga atlet di cabang olahraga yang sama, adalah saling membantu sama lain untuk memenuhi kebutuhan latihan.
 
Bahkan, lanjut Tresna, latihan fisik dan teknik bisa dilakukan bersama. Sebab, suaminya juga turun di nomor lontar martil.
 
"Kalau satu frekuensi 'kan enak, jadi kalau ada kebutuhan satu dengan yang lain bisa saling bekerja sama," ujar atlet berumur 28 tahun itu.
 
Ia mengungkapkan, pertemuannya dengan sang suami sudah terjadi sejak pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk junior beberapa tahun lalu.
 
Sejak saat itu, saling dukung antara keduanya terus dilakukan guna berprestasi untuk provinsi masing-masing maupun tim nasional Indonesia.
 
Dalam PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, Tresna berhasil menggondol tiga medali dari tiga nomor.
 
Pada lontar martil putri, dia berhasil mempertahankan emas yang didapat sejak PON XX Papua 2021. Namun, untuk lempar cakram Tresna tidak bisa mempertahankan emas dan harus puas merebut medali perak.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Atletik - Meski beda tim di PON, Tresna: Suami juga bantu persiapan

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024