Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dana dan logistik pengungsi korban gempa bumi di Jawa Barat.

“Kepala BNPB Suharyanto memimpin langsung penyerahan bantuan tersebut hari ini,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta, Kamis.

Ia mengungkapkan dana bantuan pemerintah pusat melalui BNPB tersebut total senilai Rp550 juta.
 

Dari total bantuan Dana Siap Pakai (DSP) itu masing-masing Rp300 juta diberikan untuk penanganan gempa kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dan Rp250 juta kepada Pemkab Garut.

Selain itu, kata dia, Kepala BNPB didampingi sejumlah deputi juga akan menyalurkan dukungan bantuan logistik penunjang kebutuhan pengungsian.
 

Daftar bantuan yang diterima dari Pusdalops BNPB mencatat bantuan itu berupa beberapa tenda pengungsi, tenda keluarga, beberapa paket sembako, perlengkapan kebersihan pribadi, matras, selimut, terpal, velbed, menara penerangan, makanan siap saji, pakaian dewasa dan anak, genset, alat kebersihan, air mineral, biskuit bayi dan balita, popok bayi, dan pembalut wanita.
 

Abdul menambahkan Kepala BNPB juga akan memimpin rapat koordinasi (rakor) penanganan darurat bencana hingga rencana rehabilitasi dan rekonstruksi dampak kerusakan rumah-infrastruktur usai diguncang gempa bumi 5,0 magnitudo itu bersama pemerintah daerah setempat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kepala BNPB pimpin langsung penyaluran bantuan pengungsi gempa Bandung

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024