Sebanyak 127.000 warga Kota Bandung secara serentak mengikuti kegiatan aksi bersih-bersih dalam memperingati Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB).

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur dan kepedulian warga Kota Bandung dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Baca juga: Kota Bandung gelar pawai kendaraan hias peringati puncak HJKB 2024

"Ini merupakan kepedulian kita yang ingin Kota Bandung selalu dijadikan tempat yang nyaman untuk kita tinggal dan dikunjungi. Bandung ini adalah kota wisata. Oleh karenanya ini adalah sebuah tonggak sejarah untuk kita jauh lebih peduli terhadap lingkungan,” kata Bambang di Bandung, Selasa.

Bambang mengungkapkan aksi bersih-bersih ini masif dilakukan di seluruh wilayah Kota Bandung. Ia menyebut kegiatan ini merupakan upaya Pemkot Bandung untuk mencegah terjadinya banjir terutama menjelang musim penghujan.

"Ini adalah sebuah momentum untuk kita semua berkomitmen bahwa kita betul betul peduli dengan lingkungan yang ada di kota Bandung," kata dia.

Menurut dia, momen Hari Jadi ke-214 Kota Bandung harus menjadi semangat gotong-royong dan kolaborasi warga kota Bandung.

"Oleh karenanya, mari kita saling mengingatkan di antara kita semua untuk kita jauh lebih peduli Ini adalah sebuah manifestasi dan sebuah tonggak sejarah bagi kita semua untuk kita jauh lebih peduli terhadap Kota Bandung," kata dia.


Lebih lanjut, dia menyebut melalui kegiatan ini warga dengan semarak bergotong royong ikut membersihkan jalan, trotoar, drainase, serta melakukan pengecatan vandalisme dan pembersihan tumpukan sampah liar di kewilayahan masing-masing.

Adapun kegiatan aksi bersih-bersih dimulai pukul 07.30 WIB, dengan melibatkan warga maupun komunitas di berbagai tingkatan, yaitu tingkat kota, kecamatan, dan RW yang dipusatkan di kawasan Alun-alun Bandung.

“Selain menyemarakkan HJKB, acara ini bertujuan untuk mengajak warga menjaga kebersihan lingkungan dengan semangat gotong royong, menjadikan Bandung lebih bersih, indah, dan nyaman bagi semua,” katanya.
 

Baca juga: Pemkot Bandung gelar tukar sampah jadi sembako sambut HJKB

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 127.000 warga Bandung ikuti aksi bersih-bersih peringati HJKB

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024