Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat menyebut bahwa para atlet telah siap untuk meraih target "hattrick" gelar juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Ketua Umum KONI Jawa Barat M Budiana mengatakan jajaran atlet Jabar optimis meraih hattrick pada PON edisi XXI di Sumatera Utara dan Aceh, pada September 2024 mendatang, dengan didasari oleh hasil positif babak kualifikasi dan pemusatan latihan daerah (pelatda) yang dilakukan berbagai cabang olahraga berjalan baik dan lancar tanpa kendala berarti.

Selain itu, soliditas serta komunikasi yang terjalin antara cabang olahraga dengan KONI Jawa Barat dalam mempersiapkan para atlet menuju ajang multievent nasional ke-21 ini juga dinilai sangat baik dan kondusif.

"Hitungan hari PON XXI akan dimulai dan target meraih juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut atau hattrick akan dimulai. Kita cukup optimistis dengan target tersebut melihat perkembangan pelaksanaan pelatda dan progres kemampuan atlet yang semakin membaik," kata Budiana di Bandung, Selasa.

Budiana, menjelaskan bahwa perkembangan para atlet di beberapa cabang olahraga menunjukkan hasil yang cukup memuaskan, di mana beberapa cabang olahraga yang mengikuti berbagai kejuaraan, baik di dalam maupun luar negeri, berhasil mencetak prestasi yang membanggakan.

"Beberapa cabang olahraga bahkan sukses meraih gelar juara umum di kejuaraan nasional, dan hasil uji coba di luar negeri juga sangat menggembirakan," ujar Budiana.

Budiana juga menyatakan bahwa kondisi mental dan semangat para atlet Jawa Barat sudah berada di tingkat yang sangat tinggi menjelang PON XXI.

Berdasarkan hasil pemantauan tim Satlak PON XXI KONI Jabar, hampir 90 persen atlet Jabar menunjukkan kesiapan yang optimal untuk bertanding. Setiap cabang olahraga juga serius mempersiapkan diri menghadapi ajang ini.
Selain itu, kesiapan Jabar meraih hattrick gelar dapat direalisasikan, mengingat persiapan yang dilakukan juga menggunakan sarana prasarana "sport science" dari mulai Januari 2024.

"Pelatda PON dimulai Januari 2024 yang didukung oleh 'sport science'. Tantangan dan rintangan akan dihadapi. Mudah-mudahan kita bisa mempersembahkan kepada rakyat Jabar 'hattrick' juara umum PON tiga kali berturut-turut," tutur Budiana.

Pada perhelatan PON XXI di Aceh Sumut, Jabar memberangkatkan sebanyak 1.029 atlet dan ofisial.

Sementara itu sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin juga optimistis Jabar bisa meraih kembali juara umum untuk ketiga kalinya dalam PON XXI Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, mengingat persiapan yang maksimal berkat dukungan fasilitas sport science di Jabar," kata Bey saat melepas Kontingen Jabar pada pelaksanaan PON XXI/2024 di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (18/8).

Bey juga mewanti-wanti pada Ketua KONI Jabar agar memperhatikan kondisi atlet dalam berbagai kebutuhannya sehingga mereka bisa fokus dalam setiap pertandingan yang dijalani.

"Saya juga sudah berpesan kepada Ketua KONI Jabar bahwa para atlet jangan dibebani lagi memikirkan makan, laundry, dan transpor agar atlet hanya fokus untuk pertandingan sehingga mereka dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Jawa Barat. Karena atlet-atlet ini adalah yang terbaik di Jawa Barat dan tunjukkan pula bahwa kalian juga yang terbaik secara nasional," ujarnya.

Kontingen Jabar pada perhelatan PON 2024 dipimpin oleh Kepala Polda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Bey menilai Akhmad Wiyagus merupakan sosok yang bisa memberikan semangat dengan maksimal kepada para atlet untuk meraih hasil yang terbaik.

"Saya yakin Pak Akhmad Wiyagus bisa membakar semangat para atlet dalam mewujudkan Jabar hattrick yang akan menciptakan sejarah," tuturnya.


Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024