Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor, Jawa Barat, meluncurkan pemetaan kerawanan pada Pilkada 2024 di wilayah tersebut.

Ketua Bawaslu Kota Bogor Herdiyatna, di Bogor, Selasa, mengatakan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada Pilkada 2024 di Kota Bogor berada di posisi rendah, namun kerawanan dari unsur sosial tergolong tinggi dari pengalaman Pemilu 2024.

“Kemudian kontur Kota Bogor ini kan naik turun, jadi ada TPS rawan bencana. Datanya kami belum menerima dari BPBD Kota Bogor karena masih didata. Yang jadi perhatian juga netralitas ASN, tapi Kota Bogor masih aman namun tetap harus diantisipasi,” jelasnya.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Bogor, Ahmad Fathoni, mengatakan peta kerawanan ini merupakan kewaspadaan Bawaslu untuk bersinergi dengan semua pihak dalam tahapan dan sub tahapan Pilkada 2024.

Fathoni menjelaskan, beberapa tahapan dan sub tahapan menjadi fokus Bawaslu Kota Bogor. Salah satunya tahapan penyusunan pemutakhiran data pemilih yang harus divalidasi dan diakurasi datanya.

 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024