Antarajawabarat.com - 18/4 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Performa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menggelar pameran fotografi berkonsep cerita pada tanggal 17-19 April 2015 di Gedung Kebudayaan UPI

"Kami ingin memamerkan karya fotografi yang tak hanya bagus, namun memiliki cerita di dalamnya," kata Ketua Pelaksana Performa Expo Noer Hadi Pratomo di UPI, Sabtu.

Foto-foto yang dipamerkan, kata Noer adalah hasil pemikiran anggota Performa yang divisualisaikan lewat pameran yang menampilkan 20 karya foto tersebut.

Selain pameran fotografi, acara bertema ‘eksistensi’ tersebut mengadakan Worksop serta diskusi mengenai dasar-dasar ilmu fotografi.

"Di hari kedua kami mengadakan Workshop mengenai ‘Kamera Lubang Jarum’ yang mengundang Ray Bachtiar dari Komunitas Lubang Jarum (KLJ) Indonesia sebagai pembicara," kata dia.

Noer mengakui, acara tersebut merupakan program tahunan Performa yang kali ini juga memanfatkan fenomena jejaring sosial Instargam yang memuat banyak karya fotografi.

Instagram, lanjut Noer merupakan salah satu media yang mempertemukan orang-orang yang menyukai fotografi. Oleh karenanya, acara tersebut juga mengundang beberapa teman-teman yang aktif di Instagram seperti Rijal Kamaludin dan Renaldi Ahmad.

Anggota Performa lainnya, Mohamad Teguh berpendapat bahwa acara ini juga ingin mengangkat ilmu-ilmu fotografi yang sudah lama banyak orang lupakan.

"Kamera Lubang Jarum itu sudah banyak yang meninggalkan. Kita akan memperkenalkan kembali bagaimana kaleng atau kemasan the kotak bisa menjadi kamera," kata Teguh.

Pameran Performa Expo 2015 memerkan karya-karya dari anggota Performa UPI dengan menyertakan cerita dari karya-karya yang dihasilkan. Objek fotonya, lanjut Teguh memiliki makna yang luas tergantung interpetasi orang masing-masing.

UKM Performa UPI berdiri pada tahun 1990 namun sempat fakum karena adanya pembatasan kebebasan media pada era Soeharto. Performa UPI baru aktif kembali pada tahun 2005 yang mahasiswa-mahasiswi UPI yang memiliki visi yang sama dalam dunia fotografi.



Diana

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2015