Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan sektor makanan, minuman, dan akomodasi mengalami pertumbuhan tinggi pada triwulan II-2024, yakni sebesar 10,17 persen.

“Lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi adalah makanan, minuman, dan akomodasi yang tumbuh 10,17 persen,” kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Moh. Edy Mahmud dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tingginya pertumbuhan sektor makanan, minuman, dan akomodasi didorong oleh adanya berbagai kegiatan berskala nasional maupun internasional, seperti kegiatan pertemuan (MICE), musik, dan olahraga.

Dengan dorongan itu, sektor tersebut berkontribusi sebesar 2,64 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi berikutnya adalah transportasi dan pergudangan, yakni sebesar 9,56 persen dengan kontribusi 6,24 persen. Kinerja sektor ini didukung oleh peningkatan mobilitas masyarakat seiring dengan hari besar keagamaan, cuti bersama, dan libur sekolah; peningkatan volume pengiriman barang ekspor-impor; serta peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara.

Jumlah kunjungan wisatawan juga turut mendorong pertumbuhan sektor jasa lainnya yang sebesar 8,85 persen.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPS: Sektor makan, minum, dan akomodasi tumbuh tinggi di triwulan II

Pewarta: Imamatul Silfia

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024