Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan Mobil Anjungan Sahabat Ketenagakerjaan (Master) yang dapat menjangkau ke pemukiman untuk memperluas dan mempermudah para pencari kerja dalam mendapatkan layanan ketenagakerjaan.

"Dengan Mobil Master ini kita lakukan jemput bola ke kewilayahan. Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan pelatihan, pemagangan, konsultasi,” kata Kepala Disnaker Kota Bandung Andri Darusman di Bandung, Rabu.

Andri menjelaskan Mobil Master ini merupakan inovasi layanan jemput bola. Dengan Master ini, layanan ketenagakerjaan akan semakin dekat langsung ke warga Kota Bandung yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran.

“Harapan kami tingkat pengangguran Kota Bandung minimal diturunkan melalui inovasi Mobil Master ini,” katanya.

Menurut dia, masih banyak warga yang tidak sempat mengurus layanan ketenagakerjaan di hari kerja atau datang langsung ke Kantor Disnaker Kota Bandung.

Oleh karena, kata dia, program Mobil Master ini akan mulai dijalankan setelah peluncuran hari ini. Rencananya, Master akan mengunjungi tiap masyarakat secara bergilir di 30 kecamatan yang telah dijadwalkan.

“Jadi nanti Mobil Master ini akan terjadwal di setiap kantor kecamatan dengan harapan lebih mudah untuk mensosialiasikan terhadap ketenagakerjaan,” kata Andri.
 


Sementara itu, Penjabat Wali Kota Bambang Tirtoyuliono berharap, dengan adanya inovasi baru Mobil Master ini dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan sesuai minat dan bakat para pencari kerja.

"Ini salah satu upaya Pemkot Bandung dalam memberikan layanan prima bagi masyarakat dalam kaitannya mengakses layanan ketenagakerjaan," kata Bambang.

 

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024