Pelatih Nova Arianto mengapresiasi para pemain tim nasional U-16 bisa memberikan yang terbaik saat mengalahkan Singapura dengan skor 3-0 pada pertandingan Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat.

"Pastinya kami mensyukuri hasil ini. Terima kasih ke para pemain bisa memberikan yang terbaik," kata Nova setelah pertandingan usai.

Gol perdana timnas Indonesia dicetak oleh pemain belakang Muhammad Mierza Firjatulah pada menit ke-40 melalui sundulan kepala dengan memanfaatkan lemparan ke dalam yang dilakukan oleh Fabio Azkairawan.

Selanjutnya, hingga turun minum skor masih 1-0. Pada babak kedua tempo pertandingan makin cepat, terlihat dari sejumlah peluang sempat diciptakan oleh kedua tim.

Hingga pada menit ke-60, Indonesia berhasil menambah gol melalui tendangan penalti Evandra Florasta. Meski sudah unggul 2-0, pelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto nampaknya ingin kembali menambah poin dengan memasukkan dua penyerang, yakni Gandrung yang menggantikan Raihan Apriansyah dan Fandi Ahmad yang mengganti M Zahaby Gholy.

Serangan demi serangan dari Indonesia akhirnya kembali berbuah gol yang dilesakkan oleh Fadly Alberto pada menit ke-87. Hingga pertandingan berakhir skor bertahan 3-0 untuk kemenangan Indonesia.

Meski meraih kemenangan, Nova mengaku pada 15 menit pertama para pemain timnas sempat kesulitan menghadapi permainan apik dari Singapura.

"Saya bicara di awal ini pertama bagi mereka, saya yakin nggak mudah. 15 menit pertama cukup sulit karena Singapura main dengan baik," katanya.

Bahkan, banyak peluang yang seharusnya menjadi gol namun gagal berbuah manis.

"Ini catatan kami, tapi pemain sudah berjuang maksimal. Tampil di depan orang banyak, ketegangan pasti ada. Kami berharap dengan Filipina nanti kami bisa lebih siap," katanya.

Tidak puas diri

Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta para pemain timnas Indonesia U-16 tidak cepat berpuas diri menyusul kemenangan yang diraih dalam pertandingan melawan Singapura pada ASEAN Boys Championship (ABC) atau AFF U-16.

"Memang tadi menang 3-0 tapi jangan berpuas diri karena ya kita targetnya lolos grup," katanya usai pertandingan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Apalagi, pada pertandingan lain di grup yang sama, Laos juga berhasil menang dengan poin sama 3-0 lawan Filipina.

"Belum lagi di grup lain, masih ada Thailand, Vietnam, Australia. Saya belum lihat permainannya," katanya.

Dia mengatakan Indonesia pernah menjadi juara AFF. Dengan demikian, menurut dia, setidaknya kali ini Timnas Indonesia ditargetkan untuk lolos grup dulu.

"Paling tidak kita fokus lolos grup dulu baru nanti semifinalnya seperti apa," katanya.

Disinggung mengenai peluang mempertahankan gelar juara, menurut dia, bukan hal yang mudah dilakukan.

"Kita harus benar-benar menjaga, seperti yang saya sampaikan kemarin di Jakarta, kenapa SEA Games jadwal liga kosong tapi pas AFF tidak. Ya ini bagian kita menyiapkan SEA Games melalui AFF. Hal-hal ini yang kami coba," katanya.

Sementara itu, mengomentari pertandingan Indonesia lawan Singapura, menurut dia pada menit 10-15 menit pertama para pemain masih mencari bentuk permainan.

"Karena memang ini pertandingan internasional pertama mereka. Mereka baru saja bersama-sama kurang lebih dua bulan," katanya.

Meski demikian, ia melihat progres permainan berjalan baik.

"Pertama fisik mereka saya lihat bagus, yang kedua mereka dipilih dari semua yang terbaik oleh Coach Nova dan badan tim nasional untuk memastikan tidak ada pemain yang digembar-gemborkan titip sana titip sini," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nova Arianto apresiasi pemain timnas U-16 bisa berikan yang terbaik

Pewarta: Aris Wasita

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024