Sebanyak 25 orang pegawai Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengikuti Pelatihan dan Fotografi Jurnalistik Lembaga Pendidikan Antara (LPA) yang diselenggarakan di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat, pada 11-14 Juni 2024.

Peserta yang empat orang di antaranya diplomat muda itu diberikann materi pengenalan "news value", dasar-dasar video dan naskah video jurnalistik hingga teknik wawancara dan "presenting on cam" serta pengenalan peralatan kamera. Untuk materi fotografi, peserta diberi pengetahuan dasar-dasar fotografi, "smartphone photography" dan teknik fotografi jurnalistik.

Dalam setiap materi pelatihan selama empat hari diberikan dalam bentuk teori dan praktik lapangan. Seluruh peserta melakukan praktik liputan di titik-titik yang menarik di sekitar area Alun-Alun, Cikapundung dan Jalan Braga Kota Bandung. Hasil liputan yang diedit sendiri oleh peserta mendapat supervisi dari para pengajar yang merupakan pewarta Kantor Berita Indonesia Antara.

Saat acara pembukaan, Redaktur Pelaksana Direktorat Pemberitaan Kantor Berita Antara Teguh Priyanto menegaskan pentingnya membuat berita yang memiliki referensi "clear" semisal data-data serta angka-angka yang ada harus dijelaskan secara jelas dan tuntas.
 
Kepala Bidang Pelatihan dan Pendidikan Teknis Kemlu RI, Heru Budiarso (kanani) bersama Redaktur Pelaksana Direktorat Pemberitaan Kantor Berita Antara Teguh Priyanto (kiri) saat menghadiri pembukaan pelatihan videografi dan fotografi untuk pegawai Kementerian Luar Negeri RI di Bandung, Selasa (11/6/2024). (Dokumen LPA)

Saat pelatihan pembuatan video, pemateri yang merupakan Koordinator Produser Antara TV, Ardi Irawan menekankan dalam pembuatan berita video sangat penting menempatkan diri sebagai pemirsa sehingga mampu menjawab keingintahuan penonton. Sedangkan Koordinator Teknik dan Video Antara TV, Perwiranta mengingatkan seluruh peserta untuk menentukan nara sumber, lokasi dan gambar apa yang akan diambil sebelum melakukan peliputan.

Pada hari terakhir, peserta melakukan praktik untuk melakukan pengambilan foto sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pengajar yang merupakan wartawan foto Antara. Dalam  bedah foto hasil karya peserta, Andika Wahyu menjelaskan cara pembuatan "caption" foto dan memberi evaluasi pada setiap foto yang telah diambil peserta dalam sesi "hunting" foto.

Kepala Bidang Pelatihan dan Pendidikan Teknis Kemlu RI, Heru Budiarso yang menutup acara pelatihan tersebut menyatakan harapan kepada seluruh peserta untuk dapat memahami pembuatan "caption" dan penyajian berita yang secara langsung masuk ke tujuan yang diharapkan. Pada acara penutupan hadir Kepala Biro Antara Jawa Barat Zaenal Abidin yang menjadi perwakilan LKBN Antara dalam pelatihan ini. 

 

Pewarta: Inforial/ Putri Nastiti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024