Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginginkan supaya masyarakat ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan manfaat dari program sertifikat tanah elektronik.
 
"Jadi mohon bantuannya bagi yang sudah merasakan layanan ini, disosialisasikan," kata AHY, di Badung, Bali, Kamis.
 
Dia menjelaskan manfaat dari program sertifikat tanah elektronik, yakni lebih aman, karena bukti kepemilikan lahan tersebut sudah terintegrasi, dan tersimpan dengan baik dalam database Kementerian ATR/BPN. Hal itu turut menjadikan sertifikat tanah elektronik sulit untuk diduplikasi.
 
"Kalau dulu fisik sifatnya, kalau sekarang elektronik. Jadi satu lembar saja bisa dicetak, ada barcode-nya mudah-mudahan juga lebih aman, masuk ke dalam database sehingga tidak mudah dipalsukan atau disalahgunakan, dan diduplikasi," katanya pula.
 
Lebih lanjut, ia menyampaikan dengan banyaknya masyarakat yang mengetahui manfaat dari sertifikat tanah elektronik, hal ini juga membantu untuk meningkatkan kesejahteraan melalui optimalisasi kepastian hukum atas tanah.
 
Itu karena, menurut dia, masyarakat yang sudah memiliki sertifikat tanah bisa memanfaatkan bukti kepemilikan aset tersebut untuk pemodalan usaha.
 
"Sertifikat hak milik tentu ini punya nilai ekonomi. Jadi kalau ada yang punya usaha, jika dibutuhkan itu bisa menjadi jaminan untuk mendapatkan modal usaha dari bank. Ini kira-kira manfaat dari memiliki sertifikat tanah yang resmi dari negara," ujar dia lagi.
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AHY ingin masyarakat turut sosialisasi manfaat sertifikat elektronik

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024