Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menampilkan ragam kesenian menarik yang menjadi ciri khas daerah pada acara Galuh Ethnic Carnival (GEC) untuk mengenalkan keunikan dan memberikan hiburan kepada masyarakat dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke-382 Ciamis di wilayah perkotaan Ciamis, Selasa.

Penjabat Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyatakan, kegiatan kebudayaan dan kesenian yang diselenggarakan itu untuk memeriahkan Hari Jadi ke-382 Kabupaten Ciamis yang diikuti tidak hanya dari Ciamis, melainkan ada dari luar daerah.

"Mudah-mudahan ke depannya kebudayaan dan kesenian dari Ciamis, selain dikenal oleh masyarakat juga dapat dimunculkan di kancah lebih tinggi lagi," katanya.

Ia menuturkan Kabupaten Ciamis merupakan daerah yang salah satunya dikenal dengan kesenian dan kebudayaan yang menarik dan memiliki nilai yang harus dijaga dan dilestarikan oleh semua elemen masyarakat.

Ia mengajak seluruh masyarakat, khususnya pegiat budaya dan kesenian untuk terus memunculkan kebudayaan dan kesenian yang menjadi khas dan milik Ciamis kepada masyarakat luas ke tingkat provinsi, nasional, dan internasional.

"Kalau bukan kita orang Ciamis, siapa lagi," kata Engkus.

Sekretaris Daerah Pemkab Ciamis Andang Firman Triyadi menambahkan, acara GEC tersebut merupakan kegiatan yang kelima kalinya diselenggarakan oleh Pemkab Ciamis, khususnya saat memperingati dan memeriahkan hari jadi Ciamis.

Ia menyebutkan acara tersebut menampilkan 22 jenis kesenian dari berbagai daerah di Ciamis di antaranya Bebegig Sukamantri, Wayang Landung Panjalu, Mabokuy Rajadesa, Mengmleng Winduraja, Pontrang Cimaragas, Singa Lugay Sukadana, Barongan dari Purwadadi, Buta Kararas Panjalu, dan dari daerah lainnya.
"Ada dari luar daerah Wayang Geugeus dari Kota Banjar, seni Raja Dogar dari Kabupaten Garut, dan Marching Band Gita Satya Bahari, dan Liong AKMI Suaka Bahari dari Cirebon," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang sudah antusias dalam mensukseskan dan memeriahkan kegiatan tersebut, sehingga memberikan kesan menarik dalam perayaan Hari Jadi ke-382 Kabupaten Ciamis.

"Pada GEC yang kelima ini merupakan pesta rakyat dan juga untuk rakyat, mudah-mudahan ini menjadi hadiah dalam menyambut Hari Jadi Ciamis ke-382 yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Karnaval tersebut menampilkan kesenian arak-arakan, memamerkan berbagai kesenian dengan keunikan, nilai artistik, dan keeksotisannya kepada masyarakat Kabupaten Ciamis maupun yang datang dari luar kabupaten.

Arak-arakan kesenian tersebut dimulai dari Kantor Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis Jalan Iwa Kusumasomantri, Kecamatan Ciamis, kemudian menuju Jalan Samuji ke Stadion Galuh, selanjutnya ke Gayam lalu ke Jalan HOS Cokroaminoto, dan Jalan Tentara Pelajar.

Selanjutnya titik akhir arak-arakan tersebut di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, di tempat tersebut menampilkan pertunjukan kesenian dari berbagai kecamatan yang disambut langsung oleh Pj Bupati Ciamis, dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah dan masyarakat yang memadati kawasan itu.
 
Peserta mengikuti Galuh Ethnic Carnival pada perayaan Hari Jadi ke-382 Ciamis di Halaman Pendopo Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (11/6/2024). Kegiatan itu digelar sebagai salah satu media promosi memperkenalkan seni budaya, industri kreatif dan perdagangan dengan menampilkan ciri khas potensi daerah. ANTARA/Adeng Bustomi

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024