Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan kepuasan masyarakat terhadap angkutan arus mudik dan balik Lebaran 2024, meningkat bila dibandingkan tahun 2023.

"Berdasarkan Survei Lembaga Survei Indikator, kepuasan masyarakat yang melaksanakan mudik terhadap penyelenggaraan mudik di tahun ini mencapai 90,4 persen, naik dari tahun lalu yang sebesar 89,5 persen,” kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Menhub menyampaikan hal itu dalam Rapat Kerja terkait Evaluasi Pelaksanaan Infrastruktur dan Transportasi pada Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2024 bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (5/6).

Dia mengatakan, secara umum angkutan Lebaran di tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, meski begitu, evaluasi serta peningkatan pelayanan akan terus dilakukan oleh Kemenhub.

Ia menyampaikan sejumlah faktor yang mendukung kelancaran arus mudik. Salah satunya adalah program mudik gratis, yang secara jumlah meningkat secara signifikan di tahun ini sehingga berdampak positif pada penurunan penggunaan kendaraan roda dua serta angka kecelakaan pada mudik tahun ini.

Pada tahun ini, katanya, jumlah penumpang yang mengikuti program mudik gratis meningkat 81,94 persen dari tahun lalu dan jumlah motor yang diangkut meningkat 44,15 persen.

Dia menyebutkan, pada tahun 2023 jumlah penumpang mudik gratis sebanyak 73.352 orang dan 11.946 motor. Sementara, pada tahun 2024, jumlah penumpang mudik gratis menjadi 133.454 orang dan 17.220 motor.

Selain mudik gratis, sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan serta dukungan media menjadi kunci kesuksesan dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024.

Kemenhub dan Kakorlantas membuka posko serta Command Center selama 24 jam sepanjang masa arus mudik dan balik Lebaran.


Meski begitu, sejumlah evaluasi dan rekomendasi tetap diberikan agar penyelenggaraan angkutan Lebaran di tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi. Terdapat 11 poin rekomendasi yang disampaikan Menhub.

Diantaranya adalah, kesiapan dalam integrasi moda perlu ditingkatkan, serta perlu adanya pembenahan transportasi umum di daerah, untuk mendukung angkutan lanjutan pada saat masa angkutan Lebaran.

Menhub juga menyoroti perlunya perbaikan fasilitas dan manajemen rest area untuk mengoptimalkan pelayanan saat mudik Lebaran tahun berikutnya.

Menhub juga mengutarakan perlunya penambahan kota tujuan pada program mudik gratis, khususnya ke kawasan Sumatera.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menhub sebut kepuasan masyarakat pada angkutan Lebaran 2024 meningkat

Pewarta: Muhammad Harianto

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024