Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Jawa Barat, meningkatkan target kunjungan wisatawan ke wilayahnya pada tahun ini.

“Target kunjungan wisatawan tahun 2024 sebesar 6.399.090, dari realisasi tahun 2023 sebesar 5.650.637,” kata Sekretaris Disparbud Kota Bogor Ana Ismawati di Kota Bogor, Sabtu.

Ana menjelaskan, berdasarkan data yang dimilikinya, pada 2023 minat wisatawan ke Kota Bogor sebagian ke hotel-hotel. Kemudian sebagian lagi ke objek-objek wisata seperti Kebun Raya Bogor, museum-museum, dan lainnya.

“Tetapi kuliner atau gastronomi juga menjadi salah satu primadona daya tarik wisata di Kota Bogor,” jelasnya.

Untuk mencapai target peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Kota Bogor, Ana menyebut, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh Disparbud.

Pertama, yakni berkoordinasi lebih intens dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA).

“Kami juga bekerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Bogor yang telah dilantik beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Ana melanjutkan, Disparbud juga mengembangkan Tourist Information Center (TIC). Serta mengembangkan kemudahan akses informasi kepariwisataan berbasis online atau daring.

Di samping itu, sambung Ana, Disparbud terus mengoptimalkan aktivasi ruang-ruang publik untuk aktivitas seni, budaya, dan kreatif. Termasuk mengoptimalkan potensi dari kampung wisata.


 

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024