Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Taufik Hidayat mengungkapkan bahwa visi pembangunan Jawa Barat tahun 2045 menjadi provinsi termaju, berdaya saing dunia dan berkelanjutan bisa diwujudkan dengan kolaborasi yang harmonis semua pemangku kepentingan.

"Visi tersebut hanya bisa kita wujudkan apabila semua pihak mampu berkolaborasi, koordinasi, dalam satu orkestrasi yang harmonis serta saling mendukung," kata Taufik dalam Musrenbang Jabar 2024 di Bandung, Senin.

Baca juga: Menpan RB: Musrenbang serius agar RPJPD bermanfaat untuk masyarakat

Karenanya, kata dia, Musrenbang Jabar yang mulai dilangsungkan ini harus dimanfaatkan untuk bisa dilaksanakan sebaik-baiknya dalam berkolaborasi bagi rakyat Jawa Barat.

"Ini adalah forum bagi kita selaku bagian dari pemerintahan di daerah, untuk bersama-sama berkolaborasi menyusun rencana pembangunan Jawa Barat 20 tahun ke depan dan demi kepentingan rakyat khususnya," ucapnya.

Dia mengakui bukan hal yang mudah menyusun rencana pembangunan untuk 20 tahun ke depan dengan tantangan bonus demografi, persaingan sumber daya alam, soal pendapatan penduduk kelas menengah ke bawah, keuangan internasional, urbanisasi, perubahan iklim, geopolitik dan geoekonomi, perdagangan internasional, serta disrupsi teknologi.
Karenanya, tambah dia, kolaborasi tersebut dibutuhkan, terlebih kolaborasi akan membawa penyelenggaraan pemerintah menjadi lebih transparan dan partisipatif.

"Dan melalui kolaborasi pula setiap komponen terlibat dalam proses pemerintahan, sehingga pemerintah akan lebih akomodatif terhadap aspirasi, pikiran, dan masukan dari para pemangku kepentingan," ujarnya.

"Semoga melalui forum ini, atas beragam masukan, dan apresiasi yang disampaikan, dan dengan tata kelola pemerintah yang baik, dapat disusun rencana kerja pemerintah daerah untuk mewujudkan provinsi Jawa Barat termaju, berdaya saing dunia, dan berkelanjutan," tuturnya menambahkan.

Baca juga: Musrenbang 2024 pertaruhan Jawa Barat antisipasi perubahan global

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024