Badan SAR Nasional (Basarnas) meresmikan pos Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Bogor di Jalan Pool Binamarga, Kelurahan Kayumanis, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Kusworo di Kota Bogor, Jumat, mengatakan keberadaan pos siaga ini sangat membantu tugas-tugas Basarnas, terutama dalam melaksanakan operasi pencarian dan penyelamatan.

“Saya atas nama pimpinan Basarnas mengucapkan terima kasih, tentunya ini sangat membantu tugas-tugas kita ke depan, khususnya dalam melaksanakan suatu operasi SAR (Search And Rescue),” ucapnya.

Menurut Kusworo, keberadaan pos siaga ini merupakan salah satu solusi terhadap kendala-kendala fasilitas yang selama ini dihadapi Basarnas.

“Ini memungkinkan untuk memberikan tempat yang memadai bagi operasi SAR pusat, yang juga akan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam penanganan bencana,” jelasnya.

Kusworo menyebutkan selama ini akses dari Kantor SAR Jakarta ke Bogor dan sekitarnya relatif memakan waktu. Dengan keberadaan pos siaga ini, aksesibilitas dan kesiapsiagaan akan meningkat.

Pos siaga ini, lanjut Kusworo, tidak hanya akan digunakan untuk tempat singgah anggota SAR. Namun juga untuk pelatihan pencarian dan penyelamatan.

“Keberadaannya yang dekat dengan Lanud Atang Sendjaja memungkinkan pula untuk pelatihan penggunaan helikopter, mengingat Basarnas memiliki lima helikopter di sana,” ujarnya.

 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarnas resmikan Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan di Kota Bogor

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024