Bank Indonesia (BI) memperkirakan penjualan eceran tetap kuat pada Maret 2024, tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2024 sebesar 222,8, tumbuh 3,5 persen year on year (yoy).
 
"Tetap kuatnya penjualan eceran tersebut ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan pada beberapa kelompok, antara lain subkelompok sandang, kelompok suku cadang dan aksesori, serta kelompok bahan bakar kendaraan bermotor," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Kamis.
 
Secara bulanan, penjualan eceran diperkirakan meningkat dengan pertumbuhan sebesar 4,1 persen month to month (mtm), sejalan dengan peningkatan aktivitas masyarakat saat bulan Ramadhan dan persiapan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri, serta program potongan harga.
 
Seluruh kelompok diproyeksikan berada pada zona ekspansi, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, diikuti subkelompok sandang dan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya.
 
Lebih lanjut Erwin mengatakan pada Februari 2024, IPR tercatat meningkat mencapai 214,1 atau meningkat 6,4 persen (yoy).

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI: Penjualan eceran pada Maret 2024 tetap kuat

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024