Tokoh seni Indonesia asal Aceh, Abdul Djalil Pirous atau yang dikenal AD Pirous meninggal dunia pada usia 92 tahun di Rumah Sakit Umum Borromeus Bandung, Selasa, 16 April 2024 pukul 20.32.

"Innalillahi wa innailahi rojiun, telah meninggal dunia guru kami Bapak AD Pirous di IGD RS Borromeus pada hari Selasa 16 April 2024 sekitar pukul 20.00," kata anak almarhum, Raihan Pirous dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

AD Pirous merupakan salah seorang perintis pendidikan desain grafis di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah dikukuhkan menjadi guru besar sejak 1994.

Almarhum dikenal sebagai seniman dengan ciri khusus lukis modern dengan latar belakang karya Islam, yang menghasilkan berbagai karya sejak periode 1960-an.

Selain seni lukis AD Pirous dikenal sebagai seniman kaligrafi Arab, salah satu diantaranya merupakan kaligrafi Surat Al Ikhlas: Pure Faith pada 1970.

Almarhum juga membuat desain ornamen untuk Gedung Bank Indonesia (BI) di Padang dan menjadi salah satu tokoh berpengaruh di balik berdirinya masjid kampus pertama di Indonesia, Masjid Salman ITB.

Beberapa karyanya dipamerkan ratusan kali dalam pameran skala nasional dan internasional, termasuk pada The Biennale of Graphic Arts di Ljubljana, Yugoslavia, 1977, juga pameran tunggal dengan tajuk Pameran Retrospektif I untuk karya 1960-1985 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta pada tahun 1985.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seniman Abdul Djalil Pirous tutup usia di Bandung

Pewarta: Sean Filo Muhamad

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024