Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Bandung memberikan bantuan sesuai kebutuhan Mbah Karti (79) lansia asal Desa Cangko, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat yang sudah lama hidup sebatang kara.
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta, Senin, pihaknya menyerahkan bantuan berupa kebutuhan dasar seperti sembako dan nutrisi, kompor dan tabung gas serta pemasangan listrik di 5 titik rumah Mbah Karti.
 
Pemasangan listrik tersebut menjadi penting guna memudahkan aktivitas mbah Karti di rumah serta menghindari potensi kebakaran karena selama ini masih menggunakan lampu cempor atau lampu berbahan bakar minyak.
 
"Kami akan terus memonitor perkembangan Mbah Karti," kata Pendamping PKH Desa Cangko Ramli.
 
Adapun untuk pemasangan listrik di rumah Mbah Karti, Kementerian Sosial telah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan Cikedung di Kecamatan Terisi bersama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).
 
Bukan hanya itu, Kementerian Sosial juga memberikan akses Mbah Karti pada layanan data kependudukan. Dengan adanya data kependudukan, Mbah Karti akan mudah mengakses berbagai bantuan pemerintah.
  

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024