Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi serta memberikan berbagai bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat pada Senin malam (25/3/2024).
 
Dalam rilis yang disiarkan oleh Kementerian Sosial di Jakarta pada Selasa, Mensos Risma mengatakan pihaknya sedang memikirkan keberlanjutan penghidupan para penyintas yang kini telah kehilangan lahan pertanian sebagai sumber ekonomi keluarga. Ia pun menawarkan penyintas untuk menjadi peternak serta kursus menjahit kepada ibu-ibu.
 
"Yang penting sekarang Ibu sehat, Ibu semangat. Kalau rumah pasti nanti ada gantinya" ujar Mensos Risma.
 
Selain tawaran tersebut, Kementerian Sosial juga telah menyalurkan berbagai bantuan dari empat gudang, yaitu Sentra Wyata Guna Bandung, Dinsos Provinsi Jawa Barat, Sentra Abiyoso Cimahi, serta Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Bandung.
 
Bantuan tersebut berupa kasur, selimut, family kit, kidswear kit, sandang dewasa, sandang anak, serta berbagai bantuan lainnya. Selain itu Kemensos juga mendirikan tenda serta dapur umum.
 
“Kami menyediakan sebanyak 550 porsi makanan siap saji sekali produksi,” kata Ketua Tim Dapur Umum dari Tagana Bandung Barat Soleh.
 
Salah seorang penyintas Siti Nurjamila (30) yang kini tinggal di penampungan meminta bantuan kepada Mensos Risma agar mengerahkan petugas untuk mencari tetangganya yang hilang. Ia juga menyampaikan kesedihannya karena rumah serta harta bendanya hancur.
  
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mensos Risma tinjau korban banjir dan longsor di Bandung Barat

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024