Gelandang Marc Klok mengatakan dirinya ingin fokus membela Persib Bandung terlebih dahulu sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia.
 
Dikutip dari laman resmi klub, Kamis, Klok menjadi satu dari dua pemain Persib Bandung yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong untuk membela Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam.
 
Klok menjelaskan dirinya senang bisa mendapatkan kesempatan untuk kembali membela Skuad Garuda, namun kini fokusnya untuk menghadapi Persikabo 1973.
 
"Saya sangat bersyukur (dipanggil timnas). Karena ketika negara memanggil, itu selalu membanggakan. Kami akan menghadapi pertandingan besar di babak kualifikasi. Tapi kami juga masih harus bermain melawan Persikabo. Jadi, fokus dulu lawan Persikabo, baru ke Vietnam," jelas Klok.
 
Persib Bandung dijadwalkan akan melakoni partai kontra Persikabo 1973 pada pekan ke-29 Liga 1 Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat besok.
 
Menanggapi kondisi ini, pemain berdarah Belanda tersebut menjelaskan pertandingan melawan Persikabo sangat penting untuk dimenangkan Persib agar memantapkan peluang lolos ke Championship Series.
 
Secara hitung-hitungan, skuad Pangeran Biru masih memerlukan kemenangan supaya tetap ada di zona 4 Besar dan memastikan diri lolos ke babak Championship Series.
 
"Kami harus berusaha untuk itu. Saya pikir cukup dua kemenangan lagi kita sudah pasti (lolos). Ada enam pertandingan lagi (regular series) tapi kita lihat setelah pertandingan demi pertandingan. Tapi pasti kami mau championship series," ungkap Klok.

Sebelumnya, pemain timnas Indonesia Marc Klok menilai pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sangat penting agar Indonesia mampu bersaing di Piala Asia 2023 yang digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 di Qatar, demikian melansir dari laman resmi PSSI, Minggu.

Hal ini dikarenakan menurutnya pola latihan selama di Turki sampai 6 Januari 2024 adalah cara terbaik untuknya dan tim meningkatkan level sebelum berlaga di Piala Asia 2023.

“Hari ini latihan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, kita latihan lari fisik, kita latihan lompat, fisik-fisik semua fisik, untuk minggu ini atau dua minggu ini, supaya fisik kita terus naik sebelum mulai taktik,” kata Klok saat mengikuti latihan hari ketiga di Turki, di Huseyin Aygun Football Center, Titanic Deluxe Belek, Antalya, Turki, Sabtu (23/12).

“Siap mental (berlaga di Piala Asia), tapi fisik sangat beda nanti di level Asia, saya juga harus kasih maksimal untuk ambil di level baru nanti, dan dua minggu ini, tiga minggu ini, sangat penting buat saya dan tim semua untuk keluar dari zona nyaman,” tambah Klok.

Meskipun cahaya matahari menyinari arena latihan, suhu tetap dingin berkisar sekitar 14 derajat celcius. Klok pun mengaku menikmati latihan hari ketiga ini dengan melahap seluruh menu latihan.

Selama di Antalya, Turki, selain berlatih, tim Garuda juga melakoni dua laga uji coba melawan Libya pada 2 dan 5 Januari 2024 di Antalya, Turki. Setelahnya, Indonesia akan terbang ke Qatar dan akan menjalani uji coba terakhir melawan Iran pada 9 Januari 2024.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Klok fokus bela Persib Bandung sebelum gabung Timnas Indonesia

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024