Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menggencarkan kegiatan patroli pada waktu sahur sebagai upaya mencegah terjadinya aksi kriminalitas di wilayah hukum setempat selama Ramadhan 1445 Hijriah/2024.
 
Kepala Polresta Cirebon Kombes Pol. Sumarni di Cirebon, Rabu, menjelaskan, dalam patroli ini seluruh personel yang terlibat dikerahkan untuk menyusuri jalur arteri dimulai dari Jalan R. Dewi Sartika hingga Jalan Otto Iskandar Dinata guna memantau situasi di tengah masyarakat.

Baca juga: Polresta Cirebon tangkap 13 pengedar narkoba
 
Ia menyebut selama patroli berlangsung, petugas selalu mengingatkan warga untuk segera melapor melalui layanan call center 110 Polresta Cirebon apabila melihat berbagai tindak kejahatan di sekitarnya.
 
“Patroli sahur ini dilaksanakan oleh 27 Polsek di Polresta Cirebon. Kami memastikan setiap laporan yang diterima langsung ditindaklanjuti. Jadi warga diimbau untuk melapor jika melihat adanya potensi tindak kejahatan,” ujar dia.
 
Sumarni menekankan patroli sahur dilakukan untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, khususnya selama bulan puasa.
 
Selain itu, ia meminta partisipasi aktif masyarakat karena hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan lingkungan di wilayah hukum Polresta Cirebon.
 
“Kegiatan patroli sahur kami lakukan rutin dalam rangka upaya cipta kondisi dan mewujudkan situasi yang kondusif selama bulan Ramadhan,” katanya.
 
Kapolresta menyampaikan dalam kesempatan tersebut, para petugas juga membangunkan masyarakat melalui pengeras suara saat waktu sahur serta membagikan paket sembako dan makanan kepada warga yang membutuhkan.
 
Menurut dia, sebelum memasuki awal Ramadhan pihaknya sudah menggelar patroli di sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon dengan sasaran berbeda-beda yang melibatkan Tim Blue Light Patrol Satlantas serta Raimas Macan Kumbang 852 dari Polresta Cirebon.
 
Hasilnya, kata dia, tim khusus itu berhasil mengamankan delapan pelaku yang diduga hendak tawuran serta menyita barang bukti berupa beberapa senjata tajam pada Senin (11/3) dini hari.
 
Ia menyatakan melalui patroli yang dilakukan secara masif, Polresta Cirebon berusaha memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat dengan mencegah adanya tawuran hingga aksi tindak kriminalitas lainnya.
 
“Kami mengimbau para orangtua untuk mengawasi kegiatan anak-anaknya. Khususnya pada malam hari agar mereka tidak terlibat perbuatan melanggar hukum,” katanya.

Baca juga: Polresta Cirebon bongkar praktik ilegal penjualan BBM bersubsidi

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024