Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Purwakarta menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat untuk penanganan pasien stunting melalui penyediaan susu tinggi kalori.

"Ini menjadi bagian dari upaya membantu pemerintah dalam penanganan kasus stunting," kata Pelaksana Tugas Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, Tri Muhammad Hani, di Purwakarta, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa kolaborasi RSUD dengan Baznas ini merupakan program yang baru digulirkan. Pihak Baznas bertugas untuk mendukung pembiayaan dalam penyediaan susu tinggi kalori.

"Skema pembiayaan penanganan pasien stunting ini berbeda dari yang biasa dilakukan sebelumnya oleh sektor yang lain," katanya.

Teknisnya, pasien stunting yang sudah diperiksa di puskesmas, kemudian dirujuk ke RSUD Bayu Asih menuju Poliklinik Spesialis Anak. Kemudian oleh dokter spesialis anak memeriksa apakah terdapat penyakit penyerta sebagai pemberat lain atau tidak.

Jika terdapat diagnosis penyakit penyerta, maka dokter anak akan meresepkan obat-obatan untuk penyakit penyertanya dan memberi resep khusus susu tinggi kalori.

Pasien kemudian dialihkan penanganan kepada ahli gizi di Poliklinik Gizi yang akan memberikan susu tinggi kalori, sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter anak.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RSUD Purwakarta dan Baznas tangani stunting dengan susu tinggi kalori

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024