Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bekasi bertekad mengawal Jawa Barat menjadi juara umum PON untuk ketiga kali secara berturut-turut atau hatrrick juara pada Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumatera Utara, 8-20 September 2024.

"200 lebih atlet kita lolos seleksi PON Aceh-Sumut. Mereka jadi atlet andalan Jawa Barat dan siap mengawal target Jabar Hattrick Juara," kata Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi pada KONI Kabupaten Bekasi Bertje Rumagit di Cikarang, Senin.

Dia mengatakan sebagai juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022, Kabupaten Bekasi turut menyertakan atlet-atletnya untuk tampil membela Jawa Barat di hampir seluruh cabang olahraga.

"Atlet-atlet kita mendominasi di hampir seluruh cabang olahraga nomor perorangan seperti bela diri hingga akuatik. Jumlah atletnya memang tidak sebanyak Bogor maupun Bandung, tetapi harus diakui target medali lebih banyak di kita," katanya.

Saat ini atlet-atlet Kabupaten Bekasi tengah mengikuti pemusatan latihan daerah (pelatda) bersama atlet lain se-Provinsi Jawa Barat. Selama masa pelatda, mereka dipersiapkan untuk meraih hasil optimal saat PON XXI Aceh-Sumut.

"Pelatda tersebar di beberapa daerah di Jawa Barat, termasuk di antaranya di Kabupaten Bekasi sendiri," katanya.

Pada ajang PON XXI 2024, Jawa Barat menjadi kontingen terbesar dengan mampu meloloskan 1.259 atlet, 320 pelatih, dan 63 ofisial. Mereka akan bertanding di total 1.042 nomor pertandingan dari 78 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Terpisah, Ketua KONI Provinsi Jawa Barat Muhammad Budiana mengaku mengandalkan atlet-atlet asal Kabupaten Bekasi sebagai lumbung emas di ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.


"Sudah bisa kita perkirakan bahwa kekuatan inti Jawa Barat ada di Kabupaten Bekasi. Atlet-atlet Bekasi menjadi bagian utama pelatda PON Aceh-Sumut," katanya.

Pecatur Kabupaten Bekasi bergelar 'International Master' Medina Warda Aulia menargetkan mampu meraih tiga medali emas untuk kontingen Jawa Barat di ajang olahraga empat tahunan terbesar Indonesia itu.

Bekasi sukses menjadi lumbung emas terbanyak bagi kontingen Provinsi Jawa Barat dengan mengemas 39 medali emas, 22 perak, serta 29 medali perunggu.


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024