PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat kereta cepat Whoosh melayani 92 ribu penumpang selama libur panjang peringatan Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek pada 7-11 Februari 2024.

KCIC menyebut kenaikannya rata-rata mencapai 35 persen dibanding pekan sebelumnya.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan peningkatan itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan libur Isra Mikraj, cuti bersama, dan Tahun Baru Imlek untuk berlibur baik di Bandung maupun di Jakarta.

Pada periode tersebut, KCIC mengoperasikan 208 perjalanan kereta cepat Whoosh dengan rincian 40 perjalanan reguler dan delapan perjalanan tambahan untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang.

"Rata-rata volume mencapai 18 ribu penumpang per hari dengan puncaknya terjadi pada 8 Februari 2024 di 20 ribu penumpang. Adapun, mayoritas pada setiap jadwal pemberangkatan okupansi Whoosh pada musim liburan berkisar di antara 80-100 persen," ungkap Eva.

KCIC mencatat penumpang Kereta Cepat Whoosh didominasi oleh penumpang kelas premium economy sebanyak 93,4 persen dan sisanya merupakan penumpang first class dan business class.

"Rute favorit penumpang adalah Halim-Padalarang PP, di mana 80 persen dari pengguna yang berangkat dari Halim turun di Stasiun Padalarang dan sebaliknya," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KCIC: Whoosh angkut 92 ribu penumpang selama libur Isra Mi'raj-Imlek

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024