Pemerintah Kabupaten Bekasi Jawa Barat menyusun rencana aksi kesiapsiagaan bencana saat penyelenggaraan pemilihan umum 2024,  melalui rapat koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama segenap unsur terkait.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang Senin mengatakan, pemerintah daerah berupaya melakukan langkah mitigasi dengan antisipasi sekaligus penanganan jika saat pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 pada 14 Februari mendatang terjadi bencana.

"Dengan dihadiri pemangku kepentingan terkait, rencana aksi yang disusun ini bisa disempurnakan dengan saran dan masukan lain, termasuk dalam konteks pengamanan Polres maupun Kodim 0509 Kabupaten Bekasi. Tadi ada Pak Kapolres, ada perwakilan Pak Dandim agar rencana aksi ini bisa disempurnakan lagi," katanya.

Dia menjelaskan, upaya kesiapsiagaan melalui rencana aksi ini akan terus diperbarui sesuai dengan kondisi iklim ke depan di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi, termasuk menyiagakan personel serta perlengkapan logistik.

"Karena itu ada Forkopimda selain untuk pengamanan, tapi juga untuk sumber daya yang bisa digunakan untuk penanggulangan bencana juga kita arahkan. Termasuk PMI dan perusahaan juga akan kita ajak," katanya.

Dia mengaku telah menginstruksikan seluruh jajaran camat hingga kepala desa dan lurah untuk terus memantau kondisi cuaca serta kesiapan maupun titik-titik rawan agar mendapatkan penanganan khusus.

"TPS yang tadi teridentifikasi rawan bencana, masih bisa digeser atau tidak, tentu dengan persetujuan KPU. Lalu cadangan seperti misalnya angin puting beliung kan sulit diantisipasi sehingga kalau itu dicadangkan dari sekarang, kita sudah siap," katanya.

Kepala BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis menyatakan, pemetaan dan rencana aksi penting dilakukan mengingat prakiraan cuaca menurut siklus iklim pada Februari 2024 merupakan musim hujan, sehingga membutuhkan langkah antisipasi di wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan banjir serta bencana.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Bekasi susun rencana aksi siaga bencana saat pemilu

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2024