Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat menyiapkan sebanyak 163 bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) untuk melayani liburan Tahun Baru 2024.

“Jadi yang disiapkan menjelang tahun baru kali ini untuk Terminal Cicaheum itu berjumlah 163 bus dengan rincian 93 bus AKAP dan 70 AKDP,” kata Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto di Bandung, Rabu.

Saat ini, kata dia, Terminal Cicaheum menyiapkan bus AKAP untuk melayani 23 trayek sedangkan untuk bus AKDP melayani 13 trayek.

Roni menjelaskan, untuk jumlah penumpang saat ini memang sudah mulai mengalami peningkatan, didominasi tujuan kota-kota di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Berdasarkan catatan Terminal Cicaheum Bandung, pada periode 18-26 Desember 2023 jumlah penumpang bus yang diberangkatkan mencapai 12.753 orang.

“Kita mulai hitung dari 18 Desember sampai 26 Desember itu sekitar 12 ribuan penumpang yang sudah diberangkatkan. Kebanyakan itu ke arah timur, mulai dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Denpasar,” katanya.

Terminal Cicaheum juga menyiagakan 56 personel gabungan yang terdiri atas pengawas dan pengendali terminal penumpang, kepolisian, tenaga kesehatan hingga petugas kebersihan dalam rangka mengantisipasi pergerakan penumpang saat menjelang libur Tahun Baru 2024.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pengecekan kelaikan (ramp check) untuk angkutan bus dan semuanya dalam kondisi laik jalan, sehingga dapat memberikan jaminan rasa aman bagi penumpang.


“Untuk pengecekan kelaikan armada secara teknis laik jalan semua. Tapi hanya ada temuan-temuan secara administrasi yang suratnya jalannya sudah habis,” kata dia.

Apabila terdapat armada bus yang setelah dilakukan pengecekan secara administrasi tidak memenuhi persyaratan, maka akan dikembalikan ke garasi masing-masing perusahaan otobus tersebut.


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023