Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat pagi bergerak menguat menjelang debat calon wakil presiden (cawapres) yang mengangkat tema perekonomian nasional pada Jumat malam ini.

IHSG dibuka dibuka menguat 16,00 poin atau 0,22 persen ke posisi 7.225,62. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 3,50 poin atau 0,36 persen ke posisi 967,67.

"IHSG berpeluang bergerak volatile pada hari ini," sebut Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Jumat.

Fokus pelaku pasar masih tertuju pada debat cawapres pada malam ini pukul 19:00 WIB, yang mempertemukan tiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Pada debat kedua ini, tema yang akan diangkat adalah ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat menjadi menarik untuk disimak karena setidaknya bisa memberi petunjuk kemana arah kebijakan masing-masing cawapres, yang akan berdampak besar terhadap kebijakan ekonomi Indonesia ke depan.

Kemarin, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk menahan tingkat suku bunga acuannya di level 6 persen.

Dari mancanegara, pelaku pasar menantikan laporan pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) pada malam hari, yang mana penting karena dijadikan pertimbangan utama The Fed untuk menentukan kebijakan moneternya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IHSG menguat jelang debat cawapres terkait ekonomi nasional

Pewarta: Muhammad Heriyanto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023